kolom
Selasa, 27-10-2020 | 17:00 WIB

Panutan Dua Legenda Tersisa

Hanya tersisa dua pemain PERSIB yang menjuarai ISL 2014 masih bertahan hingga musim ini. Dia adalah penjaga gawang I Made Wirawan dan bek kanan Supardi Nasir Bujang. 

Setelah tujuh tahun bergabung dengan PERSIB, perannya masih sangat vital dalam tim. Supardi misalnya, meskipun sudah tak lagi berusia muda, ia tetap tangguh dan gesit di lapangan. Bahkan, pada musim 2019 lalu, ia menjadi kapten dan tampil sebanyak 31 kali.

Di setiap latihan dan pertandingan, Supardi tak pernah lelah berlari. Pemain sayap lawan juga akan dibuat kewalahan oleh kecepatannya. Hal itu tak terlepas dari pengalaman panjangnya di sepakbola. Hebatnya, walaupun dikenal ngotot, Supardi merupakan pemain yang fair play. Tak heran saat ini ia dijadikan sebagai kapten dan panutan di tim. 

Begitu juga I Made Wirawan. Di musim 2019 lalu, ia mencatatkan 12 cleansheet dan mencatatkan 31 penampilan. Statistik fantastis untuk pemain yang sudah berusia 38 tahun. 

Itu sekaligus menandakan, tim pelatih masih melihat adanya kualitas dalam diri seorang I Made Wirawan. 

Di musim 2020, Supardi dan Made juga sudah diturunkan. Supardi tampil di tiga laga pembuka, sedangkan Made tampil sekali kala PERSIB menundukkan PSS Sleman 2-1. Sayang, kompetisi harus dihentikan sementara akibat pandemi. 

Namun, setiap kali melihat keduanya berlaga, kita seperti sedang diajak bernostalgia. Mengenang piala dan bintang kedua diboyong ke Bandung, enam tahun silam. 

Kita tentunya berharap semua pemain muda dapat mencuri ilmu dari kedua legenda ini. Karena pengalaman berharga keduanya bisa menjadi inspirasi bagi Beckham Putra Nugraha cs. 

Tapi ada pertanyaan yang jawabannya masih menjadi misteri. Sampai kapan Supardi dan Made berbaju PERSIB? Apakah mereka akan meninggalkan tim ini ataukah memilih untuk pensiun di sini? Mari kita lihat.***

kolom
Beckham dan Impian Piala Dunia
Dari tim PERSIB, Beckham Putra Nugraha disebut-sebut akan menjadi salah satu pemain andalan Tim Nasional Indonesia di Piala Dunia U-20
Tuesday, 24-11-2020 18:52 WIB
kolom
Spirit Sport Science di PERSIB
Di PERSIB, penerapan sport science gencar dikembangkan
Tuesday, 17-11-2020 20:20 WIB
kolom
Akademi PERSIB Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan
Program latihan tetap berjalan dengan intensitas empat kali dalam sepekan dengan tujuan menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari segala jenis penyakit
Thursday, 12-11-2020 20:49 WIB