kolom
Rabu, 20-01-2021 | 17:00 WIB

Benahi Kompetisi di Tengah Pandemi

Terhentinya Liga 1 2020 harus diambil hikmah dan sisi positifnya bagi sepakbola Indonesia. Waktu luang saat ini bisa menjadi momen baik untuk melakukan pembenahan. Di waktu luang ini, satu per satu persoalan sepakbola Indonesia bisa diselesaikan oleh para pemangku kebijakan.

Pandemi Covid-19 yang membuat kompetisi terhenti jangan hanya membuat semua diam tanpa aksi. Karena, hanya diam dan fokus pada izin kepolisian rasanya hanya membuang waktu.  Jika semua tertata dengan baik, dan adanya sistem penyelenggaraan sepakbola yang baik di tengah pandemi, bukan tak mungkin izin akan ke luar. 

Di luar persoalan kompetisi saat pandemi, masih ada persoalan yang rutin dihadapi persepakbolaan Indonesia. Contohnya jadwal pertandingan.

Situasi sulit saat ini bisa dimanfaatkan Indonesia untuk mengatur jadwal kompetisi seideal mungkin. Bahkan, menyesuaikan dengan agenda AFC hingga FIFA. Salah satu caranya dengan mengikuti kompetisi liga-liga Asia dan juga Eropa. 

Dengan demikian, beberapa kendala tahunan sepakbola Indonesia diharapkan tak lagi dirasakan, termasuk rekrutmen pemain asing akan lebih mudah jika mengikuti siklus sepakbola Eropa. Semua klub punya kesempatan sama dalam mendapatkan pemain asing. 

Selain itu, dengan jadwal yang sama dengan Eropa akan mendekati agenda FIFA maupun AFC. Selama ini, pendaftaran tim ke kompetisi regional tingkat Asia selalu mendapat kendala dengan jadwal.  Sebab, batas pendaftaran ke AFC adalah November. Sedangkan kompetisi di Indoneaia berakhir Desember. 

Agustus menjadi waktu yang pas bagi Indonesia kembali menggelar kompetisi. Seperti yang juga disarankan oleh Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

"Dengan mengikuti jadwal Eropa, kendala itu tak  terjadi lagi. Itu yang tadi saya sampaikan perlu dianalisa dan dipikirkan untuk kebaikan sepakbola Indonesia ke depan. Kalau itu (opsi mulai Agustus), menjadikan sepakbola Indonesia lebih baik, oke kita putuskan Liga 2021-2022 mulai bulan Agustus," katanya. 

Ada banyak waktu juga, Februari - Juli untuk PT Liga Indonesia Baru maupun PSSI dan juga klub berbenah. Memperbaiki berbagai hal yang selama ini menjadi persoalan setiap tahunnya. 

Sudah sepantasnya jika waktu yang ada bisa dimaksimalkan untuk berbenah rumah bersama-sama. Rumah sepakbola Indonesia. ***

kolom
Komitmen dan Konsistensi Menuju ke Kancah Global
Jika sepakbola menjadi olahraga utama dari masyarakat dunia, lalu apakah makanan pokok dari masyarakat global?
Thursday, 04-03-2021 09:30 WIB
kolom
Dukung Dari Rumah, Itu Lebih Baik Saat Ini
Meskipun tak ada teriakan, doa akan sampai, di mana pun itu.
Wednesday, 03-03-2021 16:02 WIB
kolom
Bangkitkan Sepakbola dengan Optimisme
Wacana turnamen pramusim ini sangat patut diapresiasi
Tuesday, 23-02-2021 17:05 WIB