berita harian
Minggu, 23-06-2019 | 17:35 WIB

Review: PERSIB Harus Puas Petik Satu Poin

PERSIB harus puas memetik satu poin setelah ditahan imbang Madura United 1-1 pada laga pekan ke-5 Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 23 Juni 2019. Gol Maung Bandung dicetak striker Ezechiel N’Douassel di menit ke-77 melalui titik penalti, sedangkan gol balasan tim tamu disumbangkan oleh Zulfiandi di menit ke-89. 

Di menit-menit awal pertandingan, tempo permainan kedua kesebelasan relatif lambat. Namun Maung Bandung lebih dulu mengambil inisiatif serangan dan melakukan tekanan kepada Madura United.  

Peluang emas pertama didapatkan PERSIB di menit ke-4. Berawal dari kombinasi permainan antara Frets Butuan dan Kim Kurniawan, bola berakhir di kaki kanan Rene Mihelic. Sayang, tembakan pemain berkebangsaan Slovenia itu masih melebar. 

Sejumlah peluang pun diciptakan lewat aksi-aksi Eze, Frets dan  Artur Gevorkyan sepanjang paruh pertama.  Namun lini pertahanan Madura United terbilang cukup rapi, sehingga pasukan Maung Bandung tampak sangat kesulitan memecahkan kebuntuan. 

Di babak kedua, tempo permainan sedikit melambat. Pertarungan di lini tengah semakin ketat. Namun PERSIB tetap tampil lebih agresif dalam menyerang. 

Kesempatan gemilang diperoleh PERSIB di menit ke- 54 melalui Artur. Tapi sayang, umpan tarik yang diterimanya dari kaki Frets kembali gagal dikonversi menjadi gol. Bola dapat diblok dengan sempurna oleh bek Madura United. 

Di menit ke-60, Robert melakukan pergantian pemain demi meningkatkan intensitas serangan. Abdul Aziz masuk menggantikan Ghozali Siregar. 

Drama terjadi di menit ke-70. Eze dijatuhhkan Fandry Imbiri di dalam kotak penalti. Alih-alih menunjuk titik putih, wasit justru memberikan kartu untuk Eze. Wasit berpendapat striker asal Chad itu telah melakukan diving untuk mendapatkan penalti. 

Pergantian pemain kembali dilakukan Robert pada menit ke-75. Kali ini, giliran Frets yang ditarik keluar digantikan Agung Mulyadi. Masuknya Agung menambah energi tim Maung Bandung. 

Pada  menit 77, wasit menunjuk titik putih setelah Eze yang dijegal bek Madura United Asep Berlian di kotak penalti.  Ezechiel menunaikan tugasnya dengan  mulus sebagai penendang penalti petang itu. PERSIB unggul 1-0 dari Madura United. 

Tak ingin kalah, Laskar Sapeh Kerrab berusaha membalas. Namun lini belakang PERSIB masih sangat solid dan rapi sehingga Andik Vermansyah cs tampak kesulitan menembus. 

Robert menggunakan pergantian terakhir dengan menarik Eze dan memasukkan Henhen Herdiana. Sebelumnya Eze memang terlihat mengalami insiden akibat berduel dengan salah satu pemain belakang Madura United.

Malapetaka terjadi di menit ke-89.  Pemain muda Madura United Zulfiandi merangsek ke kotak penalti dan berhasil melesakkan tendangan gawang I Made Wirawan.  Gol tersebut memupus kemenangan PERSIB yang sudah di depan mata. Di sisa waktu yang ada, PERSIB tak mampu mengubah keadaan dan harus puas berbagi angka dengan tim tamu.***.  
 

berita harian
PERSIB Layangkan Surat Protes atas Kinerja Wasit
PERSIB secara resmi melayangkan surat protes terhadap kepemimpinan wasit dan perangkat pertandingan yang bertugas pada laga pekan ke-22 Liga 1 kontra Madura United.
Tuesday, 08-10-2019 11:11 WIB
berita harian
Rasiman: Kemenangan yang Tidak Mudah
Rasiman mengaku senang dan bersyukur dengan kemenangan 2–1 saat menjamu PERSIB
Saturday, 05-10-2019 22:14 WIB
berita harian
Robert Apresiasi Perjuangan Pemain
Robert mengaku tetap mengapresiasi perjuangan keras anak asuhnya di sepanjang laga
Saturday, 05-10-2019 22:07 WIB