berita harian
Sabtu, 17-08-2019 | 21:30 WIB

Preview: PSM vs PERSIB

Duel sengit antara PSM Makassar dan PERSIB akan tersaji pada pekan ke-15 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu 18 Agustus 2019. Bukan sekedar perebutan kemenangan untuk perbaikan posisi di klasemen, kedua tim akan mempertaruhkan gengsi di laga ini.

Sampai saat ini, Maung Bandung masih belum memperlihatkan performa terbaiknya. Dari 14 pertandingan yang sudah dilakoni, Supardi Nasir cs. hanya mampu mengoleksi 15 poin dan bertengger di posisi 11 klasemen. Sedangkan PSM terlihat lebih unggul dengan raihan 16 poin dari 9 pertandingan. 

Namun, laga besok tetap akan berlangsung seru. Pelatih Robert Alberts pun optimistis dengan hal itu. Sebab, setiap pertandingan adalah 90 menit yang berbeda dan tak akan pernah sama. 

“Ini akan menjadi pertandingan yang menarik jika dilihat dari sudut pandang teknis. Makassar adalah tim bagus. Sementara PERSIB masih belum menemukan ritme permainan terbaik. Tapi kita selalu mencoba mencari poin di setiap waktu. Kita tahu akan berhadapan dengan salah satu tim terbaik di liga. Kita sudah mempersiapkan untuk itu,” katanya dalam sesi konferensi pers jelang laga, Sabtu 17 Agustus 2019. 

Berbekal lima pertandingan tanpa kemenangan saat melawat ke Makassar, memang bukan hal positif. Tak ada cara lain bagi PERSIB selain melakukan perbaikan dan mengusung misi bangkit. Yang terpenting, kata pria asal Belanda itu, Maung Bandung tak boleh lagi kecolongan seperti yang sudah-sudah. Sebab, itu akan membuat para pemain menjadi gugup dan sulit menikmati jalannya permainan seperti yang direncanakan.

“Setiap pertandingan kita selalu termotivasi. Tapi tentunya ketika tim kebobolan dengan cara yang tak penting, para pemain langsung jadi gugup. Itu memang bagian dalam sepakbola,” jelasnya.

“Jadi yang harus dilakukan oleh tim adalah melanjutkan upaya untuk mencetak gol. Tapi, cara bertahan kita masih terlihat sangat gugup karena kita terlalu takut untuk membuat kesalahan. Sekali lagi, terlalu takut untuk membuat kesalahan adalah jalan untuk membuat kesalahan itu,” tambah eks pelatih PSM tersebut.

Karena itu, Robert meminta kepada para pemainnya agar tetap fokus dan tenang. Ia pun berharap, tim tak lagi menyia-nyiakan keunggulan seperti pada saat berhadapan dengan Persela Lamongan dan Borneo FC.

“Jadi harusnya kita menikmati permainan. Tim ini telah banyak melakukan hal yang cukup baik. Tapi kita sering gagal mempertahankan keunggulan yang sudah didapatkan,” tuturnya.

Sebagai pelatih yang pernah menukangi PSM, Robert juga tahu banyak kekuatan dan kelemahan lawannya. Artinya itu adalah keuntungan bagi PERSIB. Namun, Robert menegaskan, yang paling penting ialah persiapan diri sendiri.  Untuk meraih poin, Maung Bandung tak boleh lagi kebobolan.

“Kita tahu kualitas pemain yang dimiliki PSM. Saya cukup senang melihat performa mereka sejauh ini. Karena saya tahu para pemain di sini. Saya juga tahu mentalitas mereka. Yang terpenting, kita tak boleh kebobolan. Untuk mengatasi itu, Bojan (Malisic) akan bermain besok sebagai pemain top class professional,” katanya.

Bila melihat persiapan tim tuan rumah, pelatih PSM, Darije Kalezic tampak cukup optimistis. Segala persiapan juga sudah dilakukan dengan matang.

Namun disadarinya, mengalahkan tim dengan nama besar bukanlah perkara yang mudah. Bagi Kalizec, PSM tetap harus mewaspadai motivasi dan gengsi yang dibawa Maung Bandung. 

“Pertandingan yang cukup bagus menanti kita. Melawan PERSIB Bandung, satu tim besar di Indonesia. Kita tahu tentang kualitas dan kelemahan PERSIB,” kata pria asal Swiss itu.

“Kita mempersiapkan diri dengan baik dan mudah-mudahan bisa menunjukkan permainan terbaik dan memenangi pertandingan,” tambahnya.

Karena itu, Kalizec sangat mengharapkan dukungan maksimal pendukung Juku Eja demi memuluskan misi tiga poin di kandang sendiri. “Semoga dengan dukungan dari fans yang luar biasa, kita bisa memainkan laga yang bagus dan memastikan tiga poin tetap di Makassar,” pungkasnya.***

berita harian
Kalezic Puji Penampilan Anak Asuhnya
Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic mengaku senang dengan kemenangan 3-1 yang diraih timnya kala menjamu PERSIB
Sunday, 18-08-2019 22:14 WIB
berita harian
Robert: PERSIB Lambat Merespons
Pelatih PERSIB Robert Alberts mengungkapkan penyebab kekalahan timnya 1-3 atas PSM Makassar pada laga pekan ke-15 Liga 1.
Sunday, 18-08-2019 21:43 WIB
berita harian
Review: PERSIB Kalah di Makassar
PERSIB harus mengakui keunggulan tuan rumah PSM Makassar 1-3 dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-15 di Stadion Andi Mattalatta.
Sunday, 18-08-2019 20:45 WIB