Febri Hariyadi menanti kompetisi © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB

Wacana Kompetisi Format Baru

Sampai hari ini belum terdengar kabar resmi mengenai lanjutan Liga 1 2020. Padahal bulan November tinggal 11 hari lagi. Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru pada bulan Januari 2021 mendatang. Belum jelas dari mana tersebut berembus.

Namun, insan sepakbola Indonesia, bahkan media, sudah mulai membicarakannya dengan cukup serius. Meskipun belum ada pernyataan resmi, baik dari PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB). Yang menjadi pertanyaan adalah format yang bagaimana? 

Spekulasi pun bermunculan. Ada yang mengatakan liga akan dimulai dari awal dengan memberlakan sistem dua wilayah. Sembilan klub terbagung di wilayah timur dan sembilan lainnya di wilayah barat.  Katanya, hal itu cocok dilakukan untuk menghemat biaya perjalanan dan mengurangi penyebaran Covid-19 di tanah air. 

Pertanyaan selanjutnya, bila kompetisi berubah format, bagaimana nasib tiga pertandingan yang sudah digelar sebelumnya?

Kita mungkin sepakat, diskusi mengenai ini harus dilakukan juga. Sebab, poin yang sudah dikumpulkan juga bagian dari perjuangan tim yang sebaiknya diapresiasi.

Namun, kalau misalnya diskusi membuat liga kembali tertunda, kita hanya perlu bersikap bijaksana. Yakni, kompetisi digelar segera, apapun formatnya sekalipun harus mengulang semuanya dari awal.

Karena, seperti yang kita tahu, kompetisi sangat penting bagi semua stakeholder sepakbola Indonesia. Dengan kata lain, ekosistem harus kembali berjalan.

Pelatih Robert Alberts juga punya pendapat yang tak jauh berbeda. Dengan bijak, ia berharap ada kepastian mengenai liga. Semuanya demi masa depan sepakbola Indonesia.

"Kita tidak hanya melihat ke diri kita sendiri. Tapi lebih jauh, kita harus melihat masa depan sepakbola Indonesia. Di satu sisi kita memang perlu mendiskusikan mana yang adil dan tidak (mengenai poin). Tapi sekali lagi, ini soal masa depan sepakbola kita," katanya.***


Ferri Ahrial


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB