Robert Alberts © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Selasa, 05-01-2021 18:00 WIB

Tahun Baru dengan Ketidakpastian Sama

Tahun 2021 sudah menghampiri kita semua. Tentunya, penyambutan tahun baru kali ini berbeda dengan sebelumnya. Hal itu akibat pandemi Covid-19 yang belum juga menurun hingga saat ini. 

Bagi insan sepakbola, tahun 2020 terasa sangat amat berat. Penyebab utamanya adalah penundaan kompetisi yang terus diperpanjang.

Akibat penundaan itu, PERSIB bertengger di posisi puncak  klasemen sejak Maret hingga Desember 2020. Karena memang begitulah faktanya.

Sebagaimana lumrahnya, momen pergantian tahun kerap disambut dengan membuat resolusi dan target. Namun di tahun 2021, sulit rasanya membuat resolusi apapun. Terlebih kompetisi masih menjadi tanda tanya besar karena belum ada pernyataan resmi dari federasi maupun operator liga.

Buktinya, PERSIB sama sekali belum melakukan pergerakan transfer hingga saat ini. Semua klub dan pemain berada dalam kebingungan akibat ketidakpastian ini.

Selain itu, program latihan bersama yang awalnya diagendakan akan kembali digelar pada 4 Januari 2021 dibatalkan. Pelatih Robert Alberts tak mau ambil risiko untuk memanggil semua pemain di tengah segala hal yang belum pasti. 

Oleh sebab itu, Robert pun memutuskan untuk melanjutkan program latihan mandiri bagi Nick Kuipers dan kawan-kawan. Tentunya, ini tak sama dengan program latihan individu sebelumnya. Sebab, kata pria asal Belanda itu, hampir semua pemain merasa kehilangan motivasi. 

"Kami mencapai satu kesimpulan bahwa pemain sudah kehilangan motivasi dalam berlatih, bukan hal yang mudah bagi mereka untuk terus berlatih, jadi kami akan sampaikan, mereka tidak harus lagi mengikuti program latihan kami, mereka bsa berlatih apapun yg ingin mereka lakukan," ungkap Robert seusai menggelar rapat dengan tim pelatih, Selasa 5 Januari 2021 siang. 

Hanya ada satu cara untuk mengembalikan motivasi tersebut, yakni memberikan kepastian mengenai kompetisi. Karena sepakbola adalah apa yang selama ini kita cintai.***


Ferri Ahrial


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB