Geoffrey Castllion © PERIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Kamis, 29-10-2020 16:00 WIB

Sampai Jumpa Tahun 2021

HARI ini, PSSI resmi menunda seluruh kompetisi hingga awal tahun depan. Itu artinya, kompetisi baru akan kembali menggeliat tiga bulan mendatang.  Ini merupakan keputusan penundaan untuk ketiga kalinya setelah awal Oktober dan November.

Kepastian itu didapatkan setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI secara aklamasi memutuskan menunda kompetisi Liga 1,2, dan 3 pada tahun 2020. 

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1, 2, dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi di laman resmi PSSI.

Kini, publik sepakbola nasional, termasuk PERSIB, tentu berharap, kompetisi bisa segera digulirkan. Sebab, selama ini PERSIB punya komitmen dan harapan besar dengan tetap mengelar program latihan persiapan.

Awal tahun depan pun, kompetisi memang belum pasti bergulir. Namun setidaknya, kita semua tak bertanya-tanya lagi, apakah kompetisi dilanjutkan November atau Desember. Dengan rencana awal tahun, tim punya sedikit pegangan jika akhir tahun tak ada kompetisi.

Sambil menunggu kompetisi bergulir, PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi.

PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan ketat karena masih dalam pandemi Covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub.

Semoga rencana bergulirnya awal tahun bisa terwujud. Kepastian itu akan mempermudah tim dan pemain membuat program persiapan. Semoga rencana kali ini terlaksana, tak seperti pada bulan Oktober dan November hanya wacara yang tak terukur. Sampai jumpa di tahun 2021.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB