Wander Luiz melakukan eksekusi tendangan penalti ke gawang PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Jumat, 22 Oktober 2021. © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

pernik
Minggu, 24-10-2021 10:00 WIB

Robert Ungkap Kisah di Balik Tendangan Penalti Wander Luiz

Pelatih PERSIB, Robert Alberts tak bisa menutupi kebahagiaannya ketika Wander Luiz mengakhiri masa paceklik golnya. Itu terjadi saat striker asal Brasil itu membobol gawang PSS Sleman yang dikawal Miswar Saputra pada laga pekan kedelapan Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, 22 Oktober 2021 lalu.

Gol pertama Wander Luiz di pertandingan tersebut tercipta di menit 55 melalui titik penalti. Hukuman penalti untuk PSM berawal dari pelanggaran terhadap Frets Butuan saat melakukan penetrasi di kotak terlarang. 

Namun, pada saat eksekusi penalti dilakukan Wander Luiz, Robert malah memalingkan wajahnya dari lapangan hijau. Kenapa?

"Saya dan Wander Luiz bersepakat. Sebelumnya, setiap saya melihat dia berlatih eksekusi penalti, tendangannya tidak pernah masuk. Tapi, saat saya memalingkan wajah, dia bisa mencetak gol. Makanya, ketika saya menjanjikan takkan meihatnya saat mengambil tendangan penalti," tutur Robert.

Dalam pertandingan itu, Wander Luiz bukan hanya mencetak satu gol, tapi dua. Berbeda dengan gol pertama, brace Wander Luiz dilakukan melalui tandukan kepalanya menyambar tendangan bebas Marc Klok di menit 81. Soal gol ini, sanjungan tidak hanya diberikan kepada Luiz tapi juga Klok.

"Saya pikir itu berawal dari umpan tendangan bebas yang bagus. Timing yang dilakukan Luiz juga bagus. Memang, ketika seorang striker tidak bisa mencetak gol, ia akan kehilangan kepercayaan dirinya. Itu hal normal," ujar pelatih asal Belanda itu. 

"Namun saat striker mulai mencetak gol, kepercayaan dirinya akan kembali tumbuh dan Anda tahu apa yang bisa dilakukan Wander Luiz. Dia adalah seorang stiker yang sangat berbahaya," tambahnya.*** 


persib.co.id


berita harian
Robert Bidik Kemenangan
Pelatih PERSIB, Robert Alberts menargetkan kemenangan saat menghadapi Madura United
Rabu, 01-12-2021 21:00 WIB
berita harian
Pemain Fokus Hadapi Laga Pekan Ke-15
Robert Alberts menyebut skuadnya telah kembali fokus menjalani persiapan menghadapi Madura United
Rabu, 01-12-2021 20:30 WIB
berita harian
Henhen Sudah Gabung Latihan
Henhen Herdiana yang absen pada laga sebelumnya karena belum fit, kini sudah berlatih bersama
Rabu, 01-12-2021 17:00 WIB