Supardi Nasir Bujang © PERSIB.co.id/Ferri Ahrial

berita harian
Sabtu, 04-05-2019 17:51 WIB

Review: Kemenangan 3-2 Tak Cukup Bawa PERSIB ke Semifinal

PERSIB mengalahkan Borneo FC 3-2 pada leg kedua babak perempat final Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Mei 2019. Namun, kemenangan itu tak cukup mengantarkan Maung Bandung melanjutkan langkahnya ke semifinal karena kalah produktivitas gol tandang dalam agregat 4-4.

Tiga gol kemenangan PERSIB di laga ini disumbangkan Ghozali Muharam Siregar pada menit 5, tendangan penalti Ezechiel N'Douassel (85) dan Supardi Nasir Bujang (93). Sedangkan dua gol tim tamu dibuat Javlon Guseynov (69) dan Lerbi Eliandry (90). 

Babak pertama, PERSIB langsung menekan melalui Febri Hariyadi di sisi kanan. Pangeran Biru baru bisa mencetak gol saat laga memasuki menit ke-5. Umpan silang Ezechiel disambar Ghozali Siregar di dalam kotak penalti. 

Ghozali hampir bisa mencetak gol kedua. Di menit ke-11, ia mendapat umpan silang dari Febri di sisi kanan. Tapi sundulannya masih menyamping di sisi kanan gawang Borneo FC yang dikawal Nadeo Argawinata. 

Duel di lini tengah semakin intens. Ezechiel terus dikawal bek tengah Borneo FC, Jan Lammers di setiap sudut. Di menit ke-17, Eze dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jan sehingga harus diganjar dengan kartu kuning. 

Duel seru juga melibatkan Erwin Ramdani dan Diego Michiels. Di menit ke-36, giliran bek Borneo FC yang mendapat kartu kuning karena kedapatan dengan sengaja menginjak Erwin.  

PERSIB mendapat sejumlah peluang melalui Ghozali, tapi sepakan kerasnya di menit ke-37 bisa diamankan oleh Nadeo. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru.

Di babak kedua, PERSIB kembali menggebrak. Namun, serangan bergelombang Maung Bandung selalu bisa diredam Pesut Etam kali ini. Peluang pertama didapat bek tengah Indra Mustafa menyambut sepak pojok di menit ke-53 tapi sundulannya masih menyamping. 

Tak hanya Indra, Eze juga terus mendapat kesempatan. Tapi, usaha sering mendapat gangguan dari pemain bertahan Borneo FC sepeti yang terjadi di menit ke-61. Keadaan malah menjadi imbang 1-1 ketika Javlon Guseynov bisa ‎mencetak gol di menit ke-69. 

Namun, semangat PERSIB tak surut. Ezechiel akhirnya bisa mencetak gol di laga ini, melalui eksekusi tendangan penalti di menit ke-85 setelah pemain Borneo, Renan Silva dianggap melalukan handsball di dalam kotak penalti. Eze dengan dingin membawa PERSIB kembali unggul 2-1. 

Laga semakin menarik dengan kedua tim sama-sama tampil ngotot. Di menit ke-90, Borneo FC mampu kembali samakan kedudukan melalui eksekusi tendangan bebas Lerbi Eliandry. 

Namun, PERSIB terus berjuang di laga ini, dan Supardi akhirnya menceploskan bola di menit ke-93 membuat Maung Bandung unggul 3-2 dan menutup pertandingan sore ini.

‎Starting XI PERSIB: M. Natshir Fadhil (PG), Ardi Idrus (48'), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Supardi Nasir (C), Erwin Ramdani, Hariono, Febri Hariyadi, Kim J. Kurniawan (75'), Ghozali M. Siregar (58'), Ezechiel N'Douassel 

Cadangan: M. Aqil Savik, Henhen Herdiana, Abdul Aziz, Beckham P. Nugraha (75'), Dedi Kusnandar (58'), Zalnando (48'), Frets Butuan. ***
    


persib.co.id


berita harian
Made: Pertandingan yang Berat
I Made Wirawan menilai, kemenangan 1-0 atas Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda tidak diraih dengan mudah
Rabu, 11-12-2019 22:00 WIB
berita harian
Gomez Akui Keunggulan PERSIB
Pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengakui kekalahan 0-1 dari PERSIB
Rabu, 11-12-2019 21:30 WIB
berita harian
Robert Apresiasi Kerja Keras Pemain
Pelatih PERSIB, Robert Alberts bersyukur timnya mampu menang 1-0 atas Borneo FC
Rabu, 11-12-2019 21:00 WIB