Selebrasi Ezechiel N'Douassel usai menjebol gawang PSM untuk kedua kalinya © PERSIB.co.id/M. Jatnika Sadili

berita harian
Rabu, 23-05-2018 22:54 WIB

Review: Hajar PSM, PERSIB Tembus 6 Besar

PERSIB memenuhi ambisinya setelah meraih kemenangan 3-0 atas PSM Makassar pada laga pekan ke-10 Go-Jek Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu 23 Mei 2018 malam. Ezechiel N'Douassel dan Jonathan Bauman kembali menjadi pencetak gol kemenangan Maung Bandung.

Di awal laga, PSM langsung tampil menekan. Rizky Pellu berhasil masuk dari sisi kanan di bawah kawalan Bojan Malisic. Pellu mampu melepaskan sepakan keras di dalam kotak penalti, namun bola masih menyamping di sisi kanan gawang M. Natshir

Di menit sepuluh, PERSIB balik menekan. Melalui serangan balik di sisi kiri,  Ezechiel bergerak cepat ke dalam kotak penalti. Sayang, sepakan kaki kirinya masih bisa dihalau kiper Rivki Mokodompit. 

Aksi saling serang terus berlanjut. M. Fauzan Jamal mampu mengirimkan umpan silang dari sisi kiri. Namun bola jatuh di kaki Victor Igbonefo. Kontrol Viktor lemah dan membuat bola bisa dicuri Guy Junior yang langsung melepaskan tembakan. Beruntung, bola melambung di atas mistar. 

Jonathan Bauman melewati kawalan beberapa pemain PSM di sisi kiri. Namun, ia gagal melewati Pluim. Body charged dari Pluim menjatuhkan Bauman di dalam kotak penalti, tapi wasit tak menganggap itu pelanggaran. Kesempatan juga didapat Ezechiel di dalam kotak. Tapi sayang, sepakannya melesat di atas mistar. 

Handsball dilakukan Pluim di dalam kotak penalti di menit ke-34. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Eksekusi penalti diambil Ezechiel di menit ke-38. Ia mampu memaksimalkannya menjadi gol keunggulan PERSIB.

Di menit-menit akhir babak pertama, Ezechiel kembali mengancam. Di bawah kawalan ketat, striker asal Chad itu masih bisa melepaskan tembakan. Namun, bola masih bisa diblok Rivki.‎ Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan PERSIB tak berubah.

Memasuki babak kedua, pelatih kepala PSM menambah juru gedor dengan memasukkan Bruce Djite menggantikan Wasyiat Hasbullah. Namun, PERSIB tetap menekan.

Kans langsung didapat lini depan PERSIB. Baik Ezechiel maupun Bauman sama-sama mengejar bola yang masuk ke dalam kotak penalti PSM. Hanya saja, Rivki dengan cepat keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola. 

Di menit ke-53, Ghozali Siregar mengirimkan umpan dari sepak pojok. Ezechiel yang mampu melepaskan diri dari kawalan sukses menanduk bola dan menjebol gawang PSM untuk kedua kalinya.

Lima menit berselang, serangan cepat dilancarkan PSM. Marc Anthony Klok menyodorkan odorkan bola kepada Pellu ‎yang lantas diteruskan menjadi umpan silang dari sisi kiri. Arah bola mampu dibaca dengan baik oleh Natshir dan diamankan dengan sempurna. 

Ancaman kembali dibuat PSM. Umpan matang diberikan kepada Ferdinand Sinaga di mulut gawang. Namun sapu bersih Ardi Idrus mampu menghalau bola keluar kotak. 

Penyelamatan gemilang dilakukan Natshir di menit ke-65. Ferdinand lolos dari jebakan off-side dan langsung berhadapan dengannya. Ferdinand coba lewati Natshir, namun gagal dan bola bisa dihalau dengan sempurna. 

Pergantian pertama dilakukan PERSIB. Mario Gomez mengganti Febri Hariyadi di menit ke-82 oleh Eka Ramdani.

‎Gol ketiga PERSIB tercipta di menit ke-82. Sontekan Bauman menghukum Rivki yang tak lengket menangkap bola kiriman Ghozali di sisi kiri. Skor berubah 3-0.

‎PSM mulai frustasi. Fauzan yang sudah mendapat kartu kuning, kembali melakukan pelanggaran terhadap Ezechiel. Hasilnya, Fauzan mendapat kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan.

Di penghujung pertandingan, PERSIB masih tampil menekan. Ghozali mendapat tendangan bebas hasil pelanggaran Klok. Di kubu lawan, PSM Makassar terlihat masih kesulitan mencari gol pertamanya di laga ini. Hingga pertandingan usai skor PERSIB masih menang 3-0 atas PSM Makassar. 

Dengan kemenangan ini, PERSIB meretas ke papan atas klasemen sementara Go-Jek Liga 1 2018 dengan menempati posisi 6. Tambahan tiga angka membuat Maung Bandung sudah mengoleksi 14 poin.

Susunan pemain

PERSIB; M. Natshir; Supardi, Bojan Malisic, Victor Igbonefo; Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Oh Inkyun, Ghozali Siregar; Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel

PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur; Steven Paulle, Abdul Rahman, M. Fauzan Jamal, Wasyiat Hasbullah; Marc Klok,‎ Willem Jan Pluim, Rizki Pellu; Ferdinand Sinaga, Guy Junior. 


PERSIB.co.id


berita harian
Kalezic Puji Penampilan Anak Asuhnya
Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic mengaku senang dengan kemenangan 3-1 yang diraih timnya kala menjamu PERSIB
Minggu, 18-08-2019 22:09 WIB
berita harian
Robert: PERSIB Lambat Merespons
Pelatih PERSIB Robert Alberts mengungkapkan penyebab kekalahan timnya 1-3 atas PSM Makassar pada laga pekan ke-15 Liga 1.
Minggu, 18-08-2019 21:33 WIB
berita harian
Review: PERSIB Kalah di Makassar
PERSIB harus mengakui keunggulan tuan rumah PSM Makassar 1-3 dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-15 di Stadion Andi Mattalatta.
Minggu, 18-08-2019 20:29 WIB