berita harian
Minggu, 08-04-2018 21:03 WIB

Review : Bauman dan In-Kyun Bawa PERSIB Raih Kemenangan Pertama

PERSIB meraih kemenangan pertama musim ini saat mengalahkan Mitra Kukar 2-0 pada lanjutan pekan ketiga Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Minggu, 8 April 2018. 

Dua gol kemenangan Maung Bandung dicetak Jonathan Bauman di menit ke-53 dan Oh In-Kyun yang mengeksekusi tendangan bebas sempurna di menit ke-61.

‎Dalam laga ini, PERSIB melakukan rotasi dengan menempatkan empat pemain berbeda dari skuat yang diturunkan melawan Sriwijaya FC pekan lalu. Di sektor penjaga gawang, M. Natshir F. Mahbuby menggantikan posisi I Made Wirawan. M. Al Amin Syukur Fisabillah main sejak menit pertama menggantikan Wildansyah, lalu Ardi Idrus menggantikan Tony Sucipto, sedangkan Ghozali Siregar menggantikan Febri Hariyadi.

Pelatih Roberto Carlos Mario Gomez mendampingi PERSIB untuk pertamakalinya di ajang laga Go-Jek Liga 1 2018 setelah absen di dua laga sebelumnya. 

Kedua tim mengawali pertandingan dengan tempo permainan sedang. Nyaris selama lima menit pertama‎, tak ada peluang berarti yang diciptakan kedua kubu.

‎Peluang pertama Maung Bandung tercipta di menit 15, ketika Bauman melakukan tendangan voli di mulut gawang, menyambar umpan silang Ghozali dari sepak pojok. Namun, kiper Mitra Kukar Yoo Jae Hoon masih sigap menepis bola. 

Ancaman secara bergelombang kemudian dilancarkan PERSIB‎.  Ezechiel N'Douassel melakukan aksi individu di menit 18, namun bek Mitra Kukar Saepuloh Maulana mampu menggagalkannya. Beberapa menit kemudian, Bauman kembali mengancam gawang Mitra memanfaatkan umpan sepakpojok, namun sundulannya masih melebar. 

Peluang terbaik bagi PERSIB sempat tercipta pada menit ke-33. Supardi  berhadapan langsung dengan Jae Hoon di kotak penalti. Tetapi sayang, sepakan kapten tim itu masih bisa diblok. ‎Ezechiel juga mendapat peluang lain setelah  lolos dari perangkap off-side, namun sontekannya di dalam kotak masih melambung. 

Keberuntungan belum menaungi Ezechiel ketika tandukannya di menit 43 nyaris memecah kebuntuan. Striker bertubuh jangkung itu menyambar umpan silang Henhen di sisi kanan, tapi bola masih membentur tiang dekat. 

PERSIB langsung tampil menggebrak di awal babak kedua melalui aksi Ezechiel di sisi kiri.  Namun penetrasinya hanya berbuah sepak pojok. Dari sepak pojok itu, kans pun tercipta tapi sundulan Bauman masih terlalu lemah. 

Gol yang ditunggu-tunggu akhir tercipta di menit ke-53 tatkala Bauman memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti. Stadion yang dipadati puluhan ribu bobotoh pun langsung bergemuruh saat Bauman menyontek bola untuk menyumbang gol perdananya musim ini bagi PERSIB.  

‎Tertinggal satu gol,  Mitra Kukar melakukan pergantian pemain di menit ke-57. Pelatih Rafael Berges menarik keluar Anindito Wahyu untuk digantikan Septian David Maulana. Semenit berselang, PERSIB juga menarik Bojan Malisic karena cedera untuk digantikan oleh Indra Mustafa. 

Oh In-Kyun menggandakan keunggulan Maung Bandung  melalui tendangan bebas di menit ke-61. Sepakan kaki kiri pemain bernomor punggung 33 ini meluncur deras ke gawang Yoo Jae Hoon.

‎Mitra Kukar melakukan pergantian kedua di laga ini dengan menarik Hendra Adi Bayaw di menit ke-64 oleh Rifan Nahumarury. Sementara itu satu per satu pemain Maung Bandung harus jatuh bangun karena permainan agresif  para pemain Mitra Kukar.

Ketegangan di antara pemain kedua kubu terjadi ketika Bayu Pradana  mendaratkan sikutnya ke wajah Dedi Kusnandar di menit ke-68.  Bayu pun diganjar kartu kuning oleh wasit.

Pelanggaran dilakukan Ardi Idrus demi menghentikan laju gerak Fernando Rodriguez di menit ke-79. Tak lama, Bayu mendapat bola di dalam kotak sisi kanan pertahanan PERSIB dan langsung lepaskan sepakan, tapi Deden dengan sigap menghalau bola. 

Pelatih Gomez menarik Bauman untuk digantikan oleh Hariono. Sang pencetak gol pun langsung mendapat applause dari tribun stadion. Sementara di kubu lawan, Mitra Kukar ingin lebih menyerang dengan menarik Wiganda Pradika untuk digantikan Arif Suyono. 

Di menit-menit akhir,  PERSIB masih gencar melakukan serangan. Sedangkan di kubu Mitra Kukar, Rodriguez tak jarang memberi ancaman bagi gawang yang dikawal Natshir.  Namun hHingga laga berakhir, papan skor tetap 2-0 untuk keunggulan PERSIB. 


PERSIB.co.id


sejarah
Tahukah Anda? Terakhir Kali Menjamu Mitra Kukar, PERSIB Menang 2-0
PERSIB terakhir kali menjamu Mitra Kukar dalam pertandingan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).
Senin, 06-07-2020 15:19 WIB
berita harian
Ardi dan Bauman Masuk Team of the Year 2018
Nama dua penggawa PERSIB, Ardi Idrus dan Jonathan Bauman masuk ke dalam Go-Jek Team of the Year 2018.
Rabu, 19-12-2018 09:47 WIB
berita harian
PERSIB Siap Turunkan Bauman Sejak Menit Awal
Pelatih fisik PERSIB Yaya Sunarya menyatakan timnya siap melakoni laga pekan ke-33 Go-Jek Liga 1 melawan tuan rumah Persela Lamongan.
Jumat, 30-11-2018 16:45 WIB