PSIS vs PERSIB © PERSIB.co.id/Derry Setiadi Nugraha

berita harian
Sabtu, 20-07-2019 21:30 WIB

Preview: PSIS vs PERSIB

PERSIB bertekad melanjutkan tren kemenangan saat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu 21 Juli 2019 besok. 

Tim asuhan Robert Alberts itu enggan tersandung kembali setelah sempat melewati enam pertandingan tanpa kemenangan. Namun, kemenangan 2-0 atas Kalteng Putra FC, 16 Juli 2019 lalu setidaknya menjadi modal yang baik bagi Supardi Nasir cs untuk terus memperbaiki posisi. 

Namun, banyak rintangan yang mesti dihadapi. Selain bermain di hadapan puluhan ribu suporter lawan, Maung Bandung dipastikan akan kehilangan dua bek tangguh, Achmad Jufriyanto dan Bojan Malisic. Keduanya terpaksa absen akibat hukuman kartu yang diterimanya pada laga pekan lalu. 

Kendati begitu, Robert tak gentar. Absennya Jufriyanto dan Malisic bukan menjadi persoalan besar. Sebab pelatih berkebangsaan Belanda itu sudah menyiapkan penggantinya, yakni Indra Mustafa dan Saepuloh Maulana. Keduanya tak boleh dipandang sebelah mata. Indra mempunyai kecepatan dan masih berusia muda. Sedangkan Saepuloh merupakan bek tengah yang sudah memiliki pengalaman. 

“Kami sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Kami juga tahu harus bermain tanpa Bojan dan Jupe di lini belakang. Itu merupakan rintangan namun sekaligus memberikan kesempatan kepada pemain muda seperti Indra (Mustafa) dan juga Saepuloh,” kata Robert dalam sesi jumpa pers jelang laga, Sabtu 20 Juli 2019.

“Mereka (Indra dan Saepuloh) sempat bermain di awal-awal musim lalu dan bisa belajar dari situ. Maka dari itu, ini pun menjadi tantangan buat mereka untuk menunjukkan kualitas level saat berhadapan dengan lini depan PSIS Semarang yang cukup tajam. Ini akan menjadi pertandingan yang menarik,” tambahnya.

Kabar baiknya, Ezechiel N’Douassel dan Rene Mihelic sudah dapat tampil di laga nanti. Keduanya sempat absen lantaran akumulasi kartu kuning. Setidaknya, kembalinya Ezechiel dan Mihelic ini mampu mempertajam lini depan PERSIB nantinya. 

Seperti yang dikatakan Robert, Maung Bandung tak boleh terlalu khawatir dengan lini pertahanan. Caranya ialah bermain dengan baik di segala lini dan berani menyerang. Sebab menyerang juga merupakan bagian dari upaya mempertahankan. 

“Pertahanan bukan hanya soal garis pertahanan. Tapi juga soal bagaimana kita memainkan sepakbola positif yaitu menyerang dan menyesuaikan dengan kondisi,” ujarnya.

“Pertahanan adalah tim itu sendiri. Memang betul compact defense adalah yang penting untuk kita di laga besok. Terkadang bukan cuma soal bertahan. Tapi juga soal bagaimana kita memainkan sepakbola positif yaitu menyerang,” papar Robert. 

Mengenai kesiapan lini serang Maung Bandung, Robert optimistis. Akan tetapi dirinya masih akan mengevaluasi kondisi cedera engkel yang dialami Febri Hariyadi belum lama ini.

“Febri masih dalam pantauan kami hari ini. Apabila besok dia sudah kembali fit 100 persen maka dia bisa diturunkan besok, jika tidak fit, makan dia tidak akan bermain. Karena jadwal kompetisi sangat padat, banyak pertandingan dengan jeda empat hari. Jadi kita masih akan melihat perkembangan dia hari ini,” katanya.

Di kubu lawan, pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra pun menyatakan kesiapannya. Meski hanya melakoni persiapan selama dua hari, dirinya enggan mempermasalahkan hal itu. Laskar Mahesa Jenar dipastikan siap menjamu Maung Bandung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang. 

“Persiapan melawan PERSIB hanya punya waktu efektif dua hari, termasuk hari ini kami coba maksimalkan. Tapi, bisa dikatakan untuk pertandingan melawan PERSIB kami sangat siap," katanya saat sesi konferensi pers, Sabtu 20 Juli 2019 pagi. 

Bermodalkan kemenangan 3-1 dari PS Sleman di laga sebelumnya dan unggul secara klasemen ternyata bukan menjadi jaminan untuk laga nanti. Menurut Jafri, timnya mesti berkonsentrasi penuh dan tak lantas jemawa.

"Bagaimanapun kondisi PERSIB kami tetap menaruh respek. PERSIB adalah tim besar, tim yang punya sejarah di sepakbola Indonesia.”

"Intinya kami harus betul-betul fokus dan all out. Besok kami harus membangun mental yang baru lagi karena PERSIB bukanlah PSS Sleman," pungkas Jafri.***


persib.co.id


berita harian
Robert Senang Saepuloh, Indra dan Henhen Jawab Kepercayaan
Pelatih PERSIB Robert Alberts mengaku sangat senang dengan penampilan tiga pemainnya yakni Saepuloh Maulana, Indra Mustafa, dan Henhen Herdiana.
Senin, 22-07-2019 12:33 WIB
berita harian
Cetak Gol Kemenangan, Begini Kata Eze
Penyerang PERSIB Ezechiel N'douassel menjadi pahlawan kemenangan timnya atas PSIS Semarang.
Minggu, 21-07-2019 21:31 WIB
berita harian
Pelatih PSIS: Kartu Merah Merusak Segalanya
Pelatih PSIS Semarang Jafri Sastra menyataan kecewa atas kekalahan 0-1 dari PERSIB.
Minggu, 21-07-2019 21:11 WIB