berita harian
Minggu, 14-10-2018 21:33 WIB

Preview Persipura vs PERSIB: Saatnya Kembali

PERSIB akan melakoni laga tandang melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Senin 15 Oktober 2018 besok.  Maung Bandung mendapat kabar baik jelang laga nanti karena dua pilar penting yakni Ghozali Siregar dan Ardi Idrus dipastikan bisa kembali merumput. Di laga sebelumnya, Ghozali dan Ardi terpaksa menepi akibat akumulasi kartu kuning. 

Pelatih PERSIB Mario Gomez menegaskan ambisinya mengamankan tiga poin di Stadion Mandala demi mempertahankan posisi di puncak klasemen liga. Kemenangan menjadi target Gomez, mengingat persaingan di papan atas klasemen semakin hari semakin ketat. 

Usai dikalahkan Madura United 1-2 pada laga terakhir di Balikpapan pekan lalu, Gomez pun mengisyaratkan kepada seluruh pemainnya untuk kembali ke tren positif ataupun jalur kemenangan. 

“Kami tentu ingin tiga poin besok. Tidak ada kata lain selain kemenangan untuk tetap berada di posisi pertama. Kekalahan melawan Madura lalu harus dijadikan motivasi untuk pertandingan besok," kata pelatih berusia 61 tahun itu. 

Perlu diingat, pekerjaan rumah pria berkebangsaan Argentina itu masih cukup berat. Absennya tiga pemain depan, Ezechiel N’Douassel, Jonathan Bauman dan Patrich Wanggai di laga nanti menuntut Gomez untuk  berpikir lebih keras. Namun, eks asisten pelatih Hector Cuper di Inter Milan itu kembali menjatuhkan pilihannya kepada Muchlis Hadi Ning. Striker muda yang pada pekan lalu mencetak gol perdananya bagi Maung Bandung.  

“Muchlis adalah pemain muda, dia pemain yang bagus. Eze juga begitu. Tapi tiga striker kita terpaksa absen karena sanksi, Eze, Joni, Patrich. Tentu situasi tanpa striker ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya tahu dia (Muchlis) belum banyak pengalaman seperti Bauman, Eze dan Patrich tapi it’s ok. Dia kini punya banyak waktu untuk bermain sepakbola,” imbuh Gomez. 

Di lini belakang, M. Al Amin Syukur Fisabillah pun siap diturunkan kembali  di laga besok. Sabil akan kembali  menggantikan Bojan Malisic yang masih menjalani hukuman larangan bermain. Tapi, supaya tak kecolongan lagi, Gomez telah mewanti-wanti seluruh anak asuhnya untuk bisa bekerja lebih keras dan berkonsentrasi di sepanjang laga nanti. 

“Tim yang akan kami hadapi adalah tim yang sangat kuat saat bermain di kandang. Saya instruksikan semua pemain agar menjaga fokus selama jalannya pertandingan. Dalam pertandingan besar kami tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun,” tuturnya. 

Selain Bojan, Ezechiel, Bauman dan Patrich, Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi juga dipastikan belum dapat memperkuat tim lantaran masih bersama Tim Nasional Indonesia. 

Akan tetapi, PERSIB punya catatan positif setiap kali bertemu Persipura. Meskipun Gomez enggan berpaut pada statistik, setidaknya rekor tersebut bisa menambah motivasi skuat Pangeran Biru di Stadion Mandala. Bagaimana tidak, dalam enam pertemuan terakhir melawan Mutiara Hitam, PERSIB tak pernah menderita kekalahan. Bahkan, dalam lima laga terakhir, skuat Persipura Jayapura juga tak mampu menjebol gawang Maung Bandung.

Walau demikain, Persipura bukanlah lawan yang mudah bagi Supardi cs. Meski tertahan di peringkat kesembilan sementara, Persipura tetaplah tim yang kuat di kandang. Terbukti, skuat asuhan Lessa Osvaldo itu selalu mampu memenangi pertandingan di tiga laga kandang terakhir. 

Kendati begitu, Lessa tetap mengakui kualitas Maung Bandung sebagai tim pemuncak klasemen saat ini. Sekalipun telah menargetkan tiga poin, Lessa tahu betul bahwa PERSIB akan memberi perlawanan sengit. 

“Besok kita coba menang. Tim PERSIB bagus sekali, semua tahu, memiliki kualitas di atas klasemen. Kita harus respek lawan, itu biasa. Tapi selalu, ini rumah kita, kita harus jawab besok, kita mulai jawab besok,” ujar pelatih berpaspor Brasil itu. 

Absennya Boaz Solossa di laga nanti lantaran cedera, diakui Lessa sebagai kerugian. Pemain pengganti pun sudah dipersiapkan oleh Lessa di laga besok. Siapapun itu, kata dia, siap memberikan yang terbaik untuk timnya. 

“Boaz tidak bisa main tidak apa-apa. Ini tim bukan pemain. Dia penting, tapi dia tidak bisa main tidak ada masalah. Siapapun pemain yang main harus bertanggung jawab,” katanya. 

Lebih lanjut, dirinya juga berharap timnya mampu meraih kemenangan atas Maung Bandung di hadapan pendukung sendiri. 

“Sekarang kita punya fokus tinggi untuk pertandingan besok. Saya percaya sekali tim besok bisa mulai mengubah situasi karena penting untuk kita main di Jayapura, karena kita dekat dengan suporter kita dan penonton kita” imbuhnya.***


PERSIB.co.id


berita harian
Dapat Penghargaan Pemain Muda Terbaik Pekan Ke-26, Begini Kata Beckham
Beckham Putra Nugraha dinobatkan sebagai pemain muda terbaik pekan ke-26 Liga 1 2021/2022
Rabu, 23-02-2022 20:00 WIB
pernik
Klok Paling Lama Main
Marc Klok mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan menit bermain terlama PERSIB hingga pekan ke-26 Liga 1 2021/2022
Minggu, 20-02-2022 15:00 WIB
berita harian
Jupe Ungkap Kunci Kemenangan Atas Persipura
Achmad Jufriyanto mengungkap kunci kemenangan 3-0 atas Persipura Jayapura pada laga pekan ke-26 Liga 1 2021/2022
Sabtu, 19-02-2022 19:00 WIB