©PERSIB.co.id/Derry Setiadi Nugraha

berita harian
Minggu, 22-09-2019 21:04 WIB

Preview: Persipura Jayapura vs PERSIB

PERSIB dihadapkan pada tantangan berat di pekan ke-20 Liga 1 2019. Maung Bandung harus berhadapan dengan kekuatan tim tuan rumah Persipura Jayapura di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin 23 September pukul 15.30 WIB besok. 

Persipura tentunya tak sama seperti putaran pertama lalu. Tim Mutiara Hitam --julukan Persipura Jayapura-- yang kini diasuh Jacksen F Tiago terbukti lebih impresif. Tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya, membuat Maung Bandung pantang menganggap remeh Persipura. 

Bermain jauh dari kandangnya, Stadion Mandala Jayapura, plus tidak didukung fans fanatiknya tentu tak akan menjadi keuntungan untuk PERSIB. Tetapi pelatih Maung Bandung Robert Alberts tetap menaruh waspada terhadap tim yang juga diperkuat oleh Oh In kyun tersebut. 

"Ya, mungkin ini pertandingan yang sedikit berbeda karena Persipura tidak bermain di Jayapura (Stadion Mandala). Nanti juga pertandingan tidak akan disaksikan oleh suporter dari kedua tim. Yang pasti (suasana) pertandingan yang berbeda tapi kami akan tetap fokus," ujar Robert. 

Dari segi catatan, PERSIB memang lebih unggul dari Persipura sejak 2014 silam. Tercatat, Mutiara Hitam belum sekalipun menang atas PERSIB sejak dikalahkan di babak final ISL 2014. 

Meski begitu, Robert tetap pada pendiriannya. Ia pantang menggubris catatan pertemuan. 

"Itu hanyalah masa lalu. Kami harus menatap pertandingan yang ada di depan mata. Masa lalu sudah berlalu dan sekarang kami harus melawan Persipura yang sudah berbeda," tegasnya. 

Robert pun berharap hasil optimal bisa diraih timnya di laga besok. Urung meraih poin sempurna di dua laga pembuka putaran kedua tentunya bukan hasil yang pantas didapatkan oleh PERSIB.

Kemenangan menjadi hal wajib yang didapatkan PERSIB. Robert tak menilai itu sebagai beban. Ia menegaskan jika PERSIB harus kembali pada levelnya sebagai tim terpandang di kancah sepakbola Indonesia. 

"Kami telah mendapatkan hasil yang mengecewakan di pertandingan terakhir. Sekarang harus tunjukkan jika PERSIB bisa mendapatkan poin di manapun kami bermain. Persipura sekarang lebih baik. Mereka tidak terkalahkan dalam enam pertandingan dan kami tidak menang dalam dua pertandingan. Kami ingin memastikan bermain dengan baik, melanjutkan perjuangan dan mendapatkan tiga poin besok," tuntasnya. 

Sementara itu, kubu tuan rumah tentunya tak mau dipermalukan kesekian kalinya oleh Maung Bandung. Puasa menang sejak lima tahunan lalu sudah pasti membuat tim berkostum merah-hitam ini penasaran.  Jacksen bersama Persipura tentunya menggebu-gebu melibas PERSIB di Sidoarjo. 

Namun, skuat Jacksen diterpa beberapa persoalan. Persiapan mepet menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi juru racik berkebangsaan Brazil tersebut. 

"Kami punya jeda waktu sedikit dan persiapan cukup singkat. Tapi, itu tidak menjadi kendala buat tim ini. Saya pernah bersama-sama dengan sebagian besar pemain ini beberapa tahun yang lalu," katanya. 

"Kami lebih banyak berada di classroom dan menyusun rencana untuk pertandingan besok melalui cara seperti itu."

Bermain tanpa dukungan Persipura Mania diharapkan Jacksen tak mengurangi motivasi skuat asuhannya. Bermain di suasama stadion yang sepi, diakui Jacksen, tak akan mengubah target Persipura untuk mendapatkan hasil maksimal. 

"Meskipun persiapan kami sangat singkat, semoga anak-anak bisa menjalankan pertandingan besok dengan sangat baik. Saya bersyukur apalagi kalau besok diberkati dengan kemenangan."***


PERSIB.co.id


berita harian
Harapan Supardi Setelah Kemenangan di Sidoarjo
Pemilik nomor punggung 22 itu berharap timnya mampu  mempertahankan tren positif
Senin, 23-09-2019 20:30 WIB
berita harian
Jacksen: Persib Lebih Cerdik
Ia menyebut, timnya memang kalah cerdik dari PERSIB dalam laga sore in
Senin, 23-09-2019 20:00 WIB
berita harian
Tim Pelatih Apresiasi Kerja Keras Seluruh Pemain
Kerja keras pemain Persib pun mendapatkan apresiasi tim pelatih
Senin, 23-09-2019 19:00 WIB