PERSIB vs Persebaya © PERSIB.co.id/Derry Setiadi Nugraha

berita harian
Kamis, 17-10-2019 21:00 WIB

Preview: PERSIB vs Persebaya

PERSIB akan menghadapi Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat 18 Oktober 2019. Duel sarat gengsi ini penting bagi PERSIB untuk bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.

Pekan lalu, Pangeran Biru harus menelan kekalahan 1-2 di kandang Madura United. Kekalahan itu membuat PERSIB belum bisa beranjak dari papan tengah klasemen sementara. PERSIB berada di posisi 11 dengan 24 poin yang sudah dimilikinya. 

Di tengah situasi sulit ini, pelatih Robert Alberts harus memutar otak untuk ke luar dari tekanan teknis dan nonteknis. PERSIB harus bermain di luar Bandung, jauh dari bobotoh yang selalu menjadi penyemangat tim saat berlaga.

Tampil di Bali pun membuat tim tamu diuntungkan. Secara jarak, Persebaya lebih dekat ke Pulau Dewata dari pada ke Bandung. Namun, itu semua tak jadi alasan. PERSIB tetap akan bermain maksimal.

"Sedih tak bisa main di Bandung. Karena itu adalah kandang kami. Suporter ada di sana dan itu yang membuat kami nyaman. Tapi kami harus fokus. Kami punya persiapan mental baik untuk bermain dan meraih tiga poin," kata Robert kepada para wartawan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis 17 Oktober 2019.

Kendala lain, Ezechiel N'Douassel yang masih belum pasti tampil. Striker asal Chad tersebut baru tiba di Indonesia setelah tampil membela negaranya. Kondisi Ezechiel pun baru akan dipantau sampai besok pagi.

"Dia baru tiba di Jakarta dan akan segera melanjutkan penerbangan ke Bali. Jadi harus dilihat dulu bagaimana kondisinya, apa yang dirasakannya dan akan dipantau malam ini. Karena kami belum tahu perkembangan terbarunya. Apakah dia 100 persen fit dan terbebas dari cedera atau tidak, apalagi Ezechiel baru melakukan perjalanan yang panjang. Jadi akan kami lihat di malam ini," ucapnya.

Meskipun dalam situasi sulit, PERSIB akan tetap berjuang maksimal. Terlebih, dua pertemuan terahir, Pangeran Biru belum pernah menang. Pada musim 2018 kalah 1-4 dan putaran pertama 2019, kalah 0-4 di Surabaya. 

"Kami tahu kualitas dari Persebaya. Mereka tim yang bagus. Jadi, ini akan jadi laga yang cukup intensif dari kedua tim. Tapi semua itu tergantung dengan mentalitas tim," ungkapnya.

Berbeda dengan tuan rumah, Persebaya yang lebih diuntungkan dari situasi ini. Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal mengaku cukup terbantu dengan pemindahan lokasi pertandingan dan situasi PERSIB saat ini. Menurutnya, tuan rumah tidak akan maksimal mendapat dukungan dari bobotoh.

Namun, Persebaya tak mau terbuai oleh hitung-hitungan di luar lapangan. Termasuk statistik dua laga sebelumnya dengan PERSIB. Dia tetap meminta pemainnya kerja keras dan mewaspadai semua pemain PERSIB.

"Kemarin memang pernah menang di sini. Itu sudah lama. Kami harus lihat ke depan bukan lihat ke belakang," ucap Pikal.***


persib.co.id


berita harian
Penampilannya Dipuji, Aziz Tak Ingin Jumawa
Penampilan Abdul Aziz pada laga kontra Persebaya Surabaya pada Jumat 18 Oktober 2019 lalu mengundang banyak pujian.
Minggu, 20-10-2019 15:30 WIB
berita harian
Istirahat Sehari, PERSIB Bertahan di Bali
Tim rencananya akan berada di Pulau Dewata hingga Selasa 22 Oktober 2019
Sabtu, 19-10-2019 11:00 WIB
berita harian
Robert Sanjung Totalitas Bobotoh
Kemenangan 4-1 PERSIB atas Persebaya Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta tak terlepas dari dukungan bobotoh
Sabtu, 19-10-2019 10:00 WIB