Robert Alberts memberikan arahan kepada pemain © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Rabu, 30-09-2020 19:00 WIB

Pilihan Tepat Meliburkan Pemain

Semua menyambut gembira saat tim pelatih PERSIB mengumumkan latihan perdana seusai jeda hampir setengah tahun akibat pandemi Covid-19. Tanggal 10 Agustus 2020 dipilih sebagai waktu untuk memulai latihan oleh pelatih Robert Alberts.

Semua tampak bersemangat ketika memulai latihan perdana. Raut kebahagiaan terpancar karena sepakbola sudah kembali. Semua menatap bulan Oktober, waktu yang ditetapkan untuk lanjutan kompetisi.

Hari ke hari, berbagai program latihan telah dipersiapkan matang oleh tim pelatih dijalani pemain. Tak hanya latihan, penjagaan nutrisi hingga rangkaian protokol kesehatan juga ketat diberlakukan.

Waktu terus berjalan, pelatih pun ingin mengembalikan sentuhan bola yang sempat hilang. Beberapa laga persahabatan dilakoni I Made Wirawan dan kawan-kawan agar kembali merasakan suasana pertandingan. Komitmen untuk menjadi yang terbaik di kompetisi sudah dijalankan dengan maksimal oleh PERSIB. 

Waktu semakin dekat, persiapan sudah amat matang. Rombongan sudah menggelar Swab/PCR test sebelum memutuskan bertolak ke kandang lawan. Namun, tak lama berselang, ada kabar liga ditunda. Benar saja, melalui konferensi pers Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, liga ditunda atas alasan tingkat penyebaran virus yang terus meninggi. Ia bilang setidaknya ditunda dulu untuk satu bulan ke depan.

Semua terkejut. Tapi, ada sebagian yang tidak merasa demikian. Semangat sudah membara untuk melibas lawan di laga perdana lanjutan kompetisi. Namun, liganya harus tertunda (dulu).

Strategi jitu diambil oleh Robert. Bukan tentang membongkar pertahanan lawan atau mempertajam lini serangan. Strategi jitu ini adalah memberikan istirahat atau libur panjang kepada pemain.

Mengapa jitu? Ya, ini adalah langkah tepat untuk mengobati kondisi psikis para pemain. Bayangkan, berliter keringat sudah mereka keluarkan dalam persiapan untuk membawa tim ini melanjutkan tren kemenangan di kompetisi. Namun mereka dipaksa memadamkan lagi semangat berkompetisi.

"Dan, kita semua tahu sekarang kompetisi harus ditunda. Jadi, saat ini libur adalah solusi tepat untuk tim. Saya mengerti ini tidak mudah bagi pemain karena mereka sudah siap untuk pertandingan, namun tiba-tiba harus tertunda," kata Robert.

Setuju denganmu, Coach. Ini semua sudah terlalu rumit. Yang dibutuhkan saat ini hanyalah menenangkan dan menyenangkan pikiran. Mari doakan pandemi ini segera menghilang agar semua tenang, semua senang.***


Rivan Mandala Putra


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB