Prosesi penyerahan jersey supporter edition kepada reseller yang menjadi mitra PERSIB © PERSIB.co.id

berita harian
Rabu, 29-09-2021 18:00 WIB

PERSIB Luncurkan Jersey Supporter Edition

Setelah dua pekan sejak pertama kalinya diumumkan, PERSIB akhirnya meluncurkan jersey supporter edition pada Rabu 29 September 2021. Peluncuran ditandai dengan penyerahan jersey secara simbolis kepada sejumlah reseller resmi jersey supporter edition di Kota Bandung.

PERSIB Fans Engagement Manager, Rijki Kurniawan mengaku senang akhirnya bisa bekerja sama dengan para reseller atau pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di bidang merchandise suporter sepakbola. Ia berharap, kerja sama ini bisa terus mengikis pembajakan produk original PERSIB.

Secara fisik, jersey supporter edition tidak memiliki banyak perbedaan. Perbedaan hanya ada pada kualitas bahan, namun tetap memiliki texture mirip dengan player issue dengan guratan gunung dan air pada lengannya. Sementara persamaan, ada pada logo yang dikenakan penggawa PERSIB di pertandingan.

“Alhamdulillah, hari ini PERSIB meluncurkan jersey supporter edition (SE) dengan kualitas tidak berbeda jauh dengan player issue. Ini usaha kami membantu UMKM dalam menghidupkan kembali roda ekonomi sebagai akibat dari pandemi Covid-19 dan sebagai usaha PERSIB untuk mengurangi pembajakan,” kata Rijki.

Hingga saat ini baru ada dua distributor resmi jersey supporter edition yang bekerja sama dengan PERSIB Store, yaitu UMKM MerchandSIB dan MUV.Athleisure. Samsul Rizal dari pihak UMKM MerchandSIB, mengaku sudah sekitar satu tahun menantikan peluncuran jersey supporter edition ini. 

“Saya ingin berkontribusi secara nyata kepada PERSIB sesuai dengan kemampuan. Saya adalah pelaku usaha ekonomi kreatif dan ketika ada kesempatan kerja sama menjual jersey ini, saya tergerak. Karena ketika membeli produk original, kita berarti memberikan dukungan untuk klub, tidak hanya secara materi tapi juga ada kebanggaannya,” ujar Rizal. 

Selain dua distributor, PERSIB juga telah menjalin kerja sama dengan 16 reseller jersey supporter edition yang merupakan para pelaku UMKM di Jawa Barat. Dani Hidayat atau yang akrab disapa Dawong dari Original Passion 33 yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung menyambut baik peluncuran jersey supporter edition ini. 

“Ini bagus sekali, khususnya buat penjual dan suporter pada umumnya karena merchandise original itu bisa dimiliki oleh semua bobotoh, tidak hanya dari kalangan atas tapi juga dari kalangan bawah. Hanya dengan 175 ribu, suporter bisa bangga pakai produk original,” katanya.

Senada dengan Dawong, Can Can dari tim marketing Original 3393 mengaku senang bisa menjalin kerja sama dengan PERSIB. Ia mengaku pandemi Covid-19 telah menghambat usahanya. Tapi dengan adanya jersey supporter edition ini dirinya bisa menaruh kembali harapan untuk mencari rezeki.  

“Dengan mengeluarkan jersey original ini, kami seolah dirangkul oleh PERSIB. Semoga ini jadi awal yang baik dan berharap terus berlanjut. Sejak pandemi, kami belum ada penjualan signifikan, produksi juga tertahan. Dari jersey ini, alhamdulillah, antusias suporter cukup bagus bahkan sudah melebihi dari yang kami harapkan,” katanya saat ditemui di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung.

“Saya sudah melihat produknya, mudah-mudahan dari segi kualitas jersey SE ini tidak akan mengecewakan bobotoh karena ini mirip dengan player issue. Dengan harga ini, insha Allah bisa diterima oleh bobotoh,” tambah pria yang sudah terjun di usaha konveksi sejak tahun 2014 ini.

Sementara itu, Zakkia dari Explore Store yang berlokasi di Jalan Sulanjana No. 5, Kota Bandung, mendukung dengan penuh usaha PERSIB dalam memberantas pembajakan produk original PERSIB. Menurutnya, menjual produk bajakan bukan merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap klub, melainkan sebagai tindakan kriminal.

“Pembajakan itu tidak baik karena tidak mencerminkan bentuk dukungan suporter kepada klub. Bentuk dukungan yang baik itu salah satunya adalah dengan mendoakan, memberi semangat dan membeli produk-produk original klub,” tuturnya.

Jersey Supporter Edition yang baru diluncurkan di Liga 1 2021/2022 merupakan usaha klub dalam memerangi pembajakan dan membantu para pedagang UMKM di Jawa Barat. PERSIB membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjadi reseller ataupun distributor resmi.
 


persib.co.id


berita harian
PERSIB Kenakan Jersey Serbahitam
Pangeran Biru akan mengenakan jersey berwarna hitam, celana hitam, dan kaos kaki hitam
Rabu, 24-11-2021 09:00 WIB
berita harian
PERSIB Kenakan Jersey Utama
Biru-putih-biru menjadi warna seragam Pangeran Biru saat bertemu Persija Jakata di Stadion Manahan Solo, Sabtu 20 November 2021
Jumat, 19-11-2021 14:00 WIB
berita harian
Rashid Kantongi NPWP, Ketaatan PERSIB Terhadap Pajak Diapresiasi
Tak hanya mendapat NPWP, gelandang asal Palestina ini pun mendapat pengenalan pelaporan pajak tahunan secara online melalui aplikasi e-Filing
Rabu, 17-11-2021 09:00 WIB