Kick-off PERSIB Academy League di Lapangan Cihanjuang, Minggu, 4 April 2021 © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

berita harian
Minggu, 04-04-2021 18:00 WIB

PERSIB Academy League Mulai Bergulir

PERSIB Academy League (PAL) Serie 1 mulai bergulir di Lapangan JM Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu, 4 April 2021. PAL yang digelar sebagai upaya regenerasi Diklat PERSIB menghadapi Elite Pro Academy diikuti cabang-cabang Akademi PERSIB.

PAL mempertandingkan lima kategori usia yaitu 13, 14, 15, 16 dan 18 tahun. Dalam setiap pertandingannya, PAL memperhatikan protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, termasuk dengan membatasi pengunjung ke area lapangan.

Untuk Serie 1, PAL mempertandingkan KU-13 dan U-15. Di KU-13, Akademi PERSIB Kota Bandung dan Kota Cimahi saling mengalahkan. Kota Cimahi 1 menang 5-2 atas Kota Bandung 1 pada game pertama. Namun, pada game kedua, Kota Bandung 2 mampu membalas dengan mencatatkan kemenangan 3-0 atas Cimahi 2. 

Asisten pelatih Kota Bandung U-13, Albert Lauren's Nikijuluw mengapresiasi penampilan dan kerja keras anak asuhnya. Beto -- sapaan akrabnya -- bersama Jorge Marquez menukangi Kota Bandung U-13 selama dua bulan.

"Anak-anak main bagus hari ini, baik untuk tim pertama dan kedua. Di usia U-13 ini, kami tidak mengejar kemenangan, melainkan memberi menit bermain dan pengalaman. Terlihat mereka berprogres setelah kami jadi pelatih," ujar Beto.

Sementara pelatih Akademi PERSIB Kota Cimahi, Sendi Oktavian menyebut PAL merupakan kesempatan berharga untuk para pelatih dalam meningkatkan kualitas para pemain asuhannya. "Saya apresiasi penyelenggaraan PERSIB Academy League, karena ini merupakan tolok ukur pelatih untuk bisa mengembangkan kemampuan pemain. Terlepas dari hasil, kami juga bersilaturahmi dan melihat perkembangan pemain," ujar Sendi. 

Di KU-15, Galunggung tak terbendung dengan mengalahkan Kota Cimahi 2 dengan skor akhir 2-0. Pelatih Galunggung, Mamat Hadi berharap, hasil positif ini bisa dipertahankan pada Serie 2 yang akan digelar Juni mendatang. 

"Alhamdulillah anak-anak main dengan motivasi tinggi dan bisa menerapkan instruksi pelatih. Ini masih awal, semoga anak-anak konsisten. Maka dari itu kami akan perbaiki lagi dari segi kebugaran dan organisasi permainan yang masih belum bagus," harapnya. 

Dalam setiap pertandingannya, PAL mengapresiasi penampilan pemain selama pertandingan. Salah satunya adalah Alsidqi Muhammad Raffa Abubakar dari Kota Bandung 2. Raffa pun senang bisa membantu timnya menang 3-0.

"Saya senang kami dapat poin penuh. Tapi semua pemain kerja keras. Soal man of the match, saya senang bisa buat orangtua bangga. Yang pasti ini menambah kepercayaan diri saya untuk ke depannya," kata bocah bernomor punggung 10 ini. 

Berikut hasil pertandingan lengkap PERSIB Academy League U-13 Serie 1:

Akademi PERSIB Bandung 1 2-5 Akademi PERSIB Cimahi 1

Akademi PERSIB Bandung 2 3-0 Akademi PERSIB Cimahi 2

Akademi PERSIB Majalengka 2-1 Akademi PERSIB Ciamis

Berikut hasil pertandingan lengkap PERSIB Academy League U-15 Serie 1:

Akademi PERSIB Galunggung 2-0 Akademi PERSIB Cimahi 2

Akademi PERSIB Cimahi 1 2-0 Akademi PERSIB Tasikmalaya 1

Akademi PERSIB Bandung 1 0-0 Akademi PERSIB Kuningan 

Akademi PERSIB Majalengka 0-0 Akademi PERSIB Ciamis 

Akademi PERSIB Tasikmalaya 2 2-2 Akademi PERSIB Karawang.***


persib.co.id


berita harian
Robert Prioritaskan Pemain Diklat dan Akademi PERSIB
Tahun lalu, ia mempromosikan empat pemain jebolan Diklat PERSIB yaitu Kakang Rudianto, Ardi Maulana, Saiful dan Ravil Shandyka
Rabu, 26-05-2021 18:00 WIB
berita harian
Pak Tete Meninggal Dunia, Diklat PERSIB Berduka
Seorang ofisial bagian perlengkapan, yaitu Dedi Mulyana atau yang akrab disapa Tete, meninggal dunia sekitar pukul 15.50 WIB
Jumat, 16-04-2021 18:24 WIB
berita harian
Dua Tim Akademi PERSIB U-18 Masuk 5 Besar DFL
Yusuf Rojali tetap bangga dengan perkembangan anak asuhnya.
Senin, 12-04-2021 11:35 WIB