Iwan Bastian ©PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

pernik
Jumat, 08-05-2020 13:36 WIB

Tahukah Anda? Ibas, Kakak Kandung Legenda PERSIB Yusuf Bachtiar

Ada banyak kakak beradik yang sama-sama menekuni dunia sepakbola dan sukses mengukir prestasi. Salah satunya adalah Iwan Bastian dan Yusuf Bachtiar. Saudara kandung ini sama-sama mengukir prestasi bersama PERSIB, namun dengan jalan berbeda. 

Keduanya mengharumkan nama PERSIB, masing-masing sebagai pemain dan pelatih. Publik sepakbola khususnya di Bandung tentu mengenal Yusuf sebagai pemain yang pernah mengantarkan PERSIB juara Liga Indonesia 1994/1995. Sementara Iwan adalah pelatih yang sukses membawa PERSIB Putri menjuarai Liga 1 Putri  2019.

Iwan adalah kakak kandung Yusuf. Ia mengawali karier sepakbola bersama tim amatir Kota Bandung, UNI, hingga berbagai prestasi didapatkan. Pada musim kompetisi 2017, pelatih yang karib disapa Ibas ini pun bergabung Diklat PERSIB.

Ibas mendapat kepercayaan menjadi asisten pelatih Maung Anom untuk mengarungi Liga 3. Saat itu, Maung Anom yang baru terbentuk di bawah manajemen PT PERSIB Bandung Bermartabat ditangani Yadi Mulyadi.

Di tahun pertamanya, Maung Anom berhasil lolos dari fase regional Jawa Barat dan melangkah ke fase nasional. Di fase ini, langkah Rizki Hidayat dkk. harus terhenti di babak 16 Besar setelah kalah 1-2 dari Persitangsel Tangerang Selatan di Stadion Kebondalem, Kendal, Minggu 10 Desember 2017.

Usaha untuk mengharumkan nama PERSIB pun akhirnya bisa dicapai Ibas ketika ditunjuk menjadi pelatih PERSIB Putri pada musim 2019.  Berkat tangan dinginnya, skuat Putri Biru menyabet gelar di kompetisi sepakbola putri edisi perdana tersebut. ***

PERSIB.co.id
berita harian
PERSIB Putri Masih Menanti Keputusan Pemerintah
Pelatih PERSIB Putri Iwan Bastian optimistis angka pertumbuhan kasus Corona akan semakin mengecil, yang pada akhirnya berimbas kepada penyelenggaraan kompetisi.
Sabtu, 16-05-2020 21:22 WIB
pernik
Iwan Bastian Bicara Soal Yusuf Bachtiar
Iwan Bastian bertekad menorehkan prestasi kembali bersama Diklat PERSIB
Jumat, 08-05-2020 17:00 WIB
berita harian
Iwan Bastian, Dari Maung Anom ke PERSIB Putri
Iwan Bastian membagikan kisah awal mula dirinya bergabung bersama Diklat PERSIB
Minggu, 12-04-2020 11:00 WIB