Sutiono Lamso@PERSIB.co.id/Gregorius A.K.

pernik
Jumat, 24-07-2020 13:58 WIB

Sutiono Beberkan Kisah Telur di Semifinal LI I 1994-1995

Eks penyerang PERSIB Sutiono Lamso mengungkapkan, ada kejadian unik di balik kemenangan timnya 1-0 atas Barito Putera dalam laga semifinal Liga Indonesia (LI) I 1994-1995 silam. 

Kejadian itu, bagi Sutiono adalah sebuah kenangan yang tak mungkin ia lupakan. Bagaimana tidak, meski sudah mendominasi pertandingan sejak awal, timnya masih saja sulit mencetak gol. 

Bahkan saat mendapat beberapa peluang emas pun, skuat asuhan Indra Thohir tak mampu menceploskan bola ke jala gawang yang sudah terbuka. 

“Kita tadinya main normal saja. Kita mengurung mereka. Tapi kita sulit bikin gol dari awal. Kenapa nih? Seperti enggak masuk akal,” kata Sutiono terheran-heran, Jumat 24 Juli 2020. 

Pemain yang pernah memakai nomor punggung 9 itu mulai mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ia memantau ke area gawang Barito Putra yang kala itu dikawal Abdillah. 

“Saya lewat, ini kenapa nih? Saya suka ngecek-ngecek di belakang, pas saya lihat ke jaring dan sekitar gawang, ada telur, ini tiang gawang sebelah kiri, di belakangnya ada telur yang disimpan di situ. Seperti telur asin, yang kalau diinjak masih utuh,” ujarnya. 

Sutiono terkejut. Ia sontak ingin langsung membuang jauh-jauh sebutir telur tersebut dan berharap gol bisa tercipta secepat mungkin. 
“Saya mau ambil saja tahu-tahu kaki saya diinjak oleh pemain mereka.” 

Di percobaan pertamanya, Sutiono gagal. Yudi Guntara pun menyadari tak mudah untuk menyingkirkan telur itu dari gawang Barito. 
“Yudi juga sama. Dia bilang, Ti, dijaga Ti. Pada sangar euy. Kata Yudi ke saya,” kenang Sutiono sembari tertawa. 

Sutiono mengakui konsentrasi tim langsung tertuju kepada telur di gawang. Akan tetapi, tak lama kemudian, Kekey Zakaria berhasil menginjak telur itu. 

“Kekey pas lagi lari, menginjak telur itu dan pecah. Dari yang tadinya konsentrasi main bola, saya malah kepikiran telur.” 

Di menit ke-80, PERSIB mendapatkan peluang melalui sepak pojok. Sutiono mengatakan ia memilih berdiri di tiang gawang agar bisa membuang telur di sana. 

“Pas ada sepak pojok, saya berdiri di tiang gawang. Pas diumpan crossing, saya injak, lalu lempar telurnya dan Kekey cetak gol. Terus saya dikejar-kejar pemain sana. Kualat kamu, kata mereka. Itu kenangan yang sulit saya lupakan,” ucap Sutiono.

Gol tunggal itu mengantarkan PERSIB ke partai final untuk menghadapi Petrokimia Putra.

PERSIB.co.id
sejarah
Tahukah Anda? Gol Pertama Suladi untuk PERSIB Tercipta Saat Hadapi Semen Padang
Eks penyerang PERSIB Suladi mencetak gol pertamanya untuk skuat Pangeran Biru saat bertandang ke markas Semen Padang.
Senin, 03-08-2020 14:30 WIB
sejarah
Tahukah Anda? Suladi Sumbang 8 Gol Selama Berbaju PERSIB
PERSIB pernah diperkuat striker kelahiran Bandung, Suladi. Ia tercatat menyumbang delapan gol selama dua tahun membela PERSIB.
Senin, 03-08-2020 13:30 WIB
sejarah
(3 Agustus 2003) Suladi Hindarkan PERSIB dari Kekalahan atas Arema
Suladi mencetak gol di menit-menit akhir untuk menghindarkan PERSIB dari kekalahan atas Arema FC Liga Indonesia (LI) IX/2003 di Stadion Siliwangi Bandung, 3 Agustus 2003. 
Senin, 03-08-2020 11:01 WIB