Dokter Olahraga PERSIB, dr. Alvin Wiharja © PERSIB.co.id/Barly Isham

pernik
Sabtu, 14-11-2020 10:00 WIB

Dokter Olahraga Ungkap Peran Penting Psikologi Atlet

Bagi dr. Alvin Wiharja, sport science sangat erat kaitannya dengan urusan psikologi atlet. Selain fisiologi, biomekanik, nutrisi, dan kedokteran olahraga, psikologi juga memainkan peran penting di dalam lingkungan olahraga. 

"Termasuk pada saat pandemi. Penting sekali, karena psikologi bisa mempengaruhi performa. Kondisi psikologis yang buruk akan membuat distraksi dan performa akan turun," ujarnya dalam program PERSIB Talk di Radio 964FM, Jumat 13 November 2020. 


Untuk itu, Alvin berharap dirinya bisa bekerja sama dengan rekannya yang lain dalam memecahkan masalah psikologis ini.  "Setiap masalah, kita coba gali dan mendampingi pemain. Membuat mereka percaya bahwa kita bisa melewati ini," katanya.

Salah satu cara yang mudah untuk mengatasi masalah psikologi adalah dengan berkonsultasi. Dengan begitu, kata Alvin, tim bisa mengetahui apa yang harus dilakukan. 

"Setelah itu baru diketahui tindakan medis apa yang diambil, atau terapi fisik yang seperti apa. Apa yang bikin kondisi ini terjadi, kemudian kita membuat dan menyusun skala prioritas," jelasnya. 

Bagi Bobotoh yang ingin mengetahui lebih banyak tentag penerapan sport science di PERSIB. Saksikan PERSIB talk yang akan segera tayang di kanal Youtube PERSIB.***  
 

persib.co.id
pernik
Dr Alvin Bagikan Tip Memilih Waktu Olahraga yang Tepat
Dokter olahraga PERSIBĀ Alvin Wiharja membagikan sedikit tips mengenai cara memilih waktu berolahraga yang tepat.
Sabtu, 21-11-2020 11:15 WIB
berita harian
Dr Alvin Rutin Gelar Meeting Daring untuk Bantu Pemain
Selain pelatih fisik Yaya Sunarya, dokter olahraga PERSIBĀ dr Alvin Wiharja juga turut memantau sesi latihan mandiri para pemain dari kejauhan.
Jumat, 20-11-2020 14:30 WIB
berita harian
Robert: Sports Science Memiliki Peran Penting
Pelatih PERSIB Robert Alberts mengaku senang dengan kehadiran divisi Sports Science dalam timnya saat ini.
Senin, 16-11-2020 15:24 WIB