Senior dan junior © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Minggu, 30-08-2020 18:00 WIB

Peran Senior Bantu Adaptasi Pemain Muda

Liga 1 2020 yang rencananya bergulir kembali Oktober mendatang bisa menjadi panggung bagi pemain muda. Regulasi yang mewajibkan klub memasukkan dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain (DSP) di setiap laga merupakan peluang emas untuk unjuk kemampuan. 

Momen tersebut harus dimaksimalkan oleh pemain muda. Motivasi dan kerja keras menjadi bahan bakar untuk bisa menunjukan kemampuannya. Begitulah pesan yang disampaikan General Manager Diklat PERSIB, Yoyo S. Adiredja untuk tiga pemainnya yang sedang trial satu pekan bersama PERSIB. Ketiganya adalah, Saiful, Ravil Shandika dan Ardi Maulana. Ketiganya harus menunjukan kemampuan, bukan hanya mengandalkan regulasi. 

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi buat semua pemain Diklat PERSIB untuk meningkatkan kemampuannya. Ini tantangan buat Diklat PERSIB bahwa yang terpilih harus menunjukan kualitas terbaik. Sebuah tantangan positif sehingga kami bisa terus mengevaluasi diri, tidak pernah berhenti untuk berupaya meningkatkan kemampuan pemain muda," ucapnya.

Namun, keberhasilan pemain muda dalam tim tak lepas dari sosok senior yang membimbingnya. Senior akan seperti kompas, menemani setiap langkah juniornya dalam berjuang menjadi seorang pesepakbola profesional. Pemain muda harus tetap berada di jalur yang seharusnya. Munculnya Febri Hariyadi tak lepas dari sosok senior yang selalu bisa memberi arahan kepada pemain muda untuk terus bekerja keras.

Tantangan saat bergabung bersama senior dirasakan oleh semua pemain muda. Tak kecuali, bek tengah PERSIB Fabiano Da Rosa Beltrame yang juga mengalami proses tersebut dan pasti butuh waktu untuk beradaptasi.

"Ya kami sudah lewati masa itu dulu. Pas gabung tim senior, kami pasti ada rasa kaget sedikit dan enggak mau bikin salah, atau takut pemain senior nanti akan bicara. Tapi, saya atau mungkin pemain senior lain nanti akan bantu mereka beradaptasi dengan cepat, kasih mereka support agar percaya diri saat diberi kesempatan main nanti, " kata Fabiano.

Tidak hanya mendukung pemain muda untuk bisa lepas bermain dan berlatih, senior bisa menjadi penekan ego pemain muda. Seperti halnya star syndrome yang mudah menerpa pemain yang belum stabil dalam karakter sehingga tidak kuat menahan sorotan berlebihan dari publik.

Tantangan itu membuat pemain senior harus bisa menjadi mentor pemain muda sukses melewati fase perpindahan, tim junior ke senior.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB