Adji Bratakusumah © PERSIB.co.id/Rivan Mandala

berita harian
Selasa, 22-01-2019 17:00 WIB

Pemahaman Baru Pelatih Kiper Diklat PERSIB

PSSI menggelar kursus lisensi AFC Level 1 untuk para pelatih penjaga gawang di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kursus ini digelar selama sepekan dan berakhir 20 Januari 2019. 

Sebanyak 19 pelatih kiper terlibat di dalamnya, termasuk Adji Bratakusuma dari Diklat PERSIB. Adji mengaku mendapat banyak pelajaran baru terkait pelatihan penjaga gawang melalui kursus yang diinstrukturi Zakareya Ahmed Alawadi.

"Banyak hal yang saya dapatkan. Selama ini kiper itu mengandalkan naluri. Tapi ternyata sudah berkembang. Kiper sekarang lebih realistis ke pertandingan. Tapi dibentuknya tetap di latihan," kata Adji, Selasa 22 Januari 2019.

Meskipun seorang kiper memiliki keistimewaan dengan penggunaan kedua tangannya untuk mengusai bola, nyatanya aktivitas kiper lebih banyak menggunakan kaki.  Adji menyebut, kiper modern saat ini hanya menggunakan 30 persen aktivitasnya dengan tangkapan. 

"Misalkan, dalam kondisi satu lawan satu, kiper hampir sepenuhnya akan menggunakan kaki ‎karena tekanan yang dihadapi terhadap lawannya, tidak bisa hanya mengandalkan naluri," terangnya.***


PERSIB.co.id


berita harian
Zulkifli Siap Bekerja Keras di Pemusatan Latihan Timnas U-16
Zulkifli Lukmansyah menyatakan akan berusaha memaksimalkan setiap kesempatan dalam menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16
Kamis, 03-03-2022 18:00 WIB
berita harian
Tiga Pemain Binaan Diklat PERSIB Dipanggil Timnas U-16
Mereka adalah Seva Ditya Rangga, M. Bagus Cahaya Islami dan Zulkifli Lukmansyah
Kamis, 03-03-2022 16:00 WIB
berita harian
Akademi PERSIB dan Peran Strategis Pembinaan Pemain Usia Muda
Pembinaan pemain muda yang berkelanjutan menjadi perhatian serius PT PERSIB Bandung Bermartabat
Selasa, 01-03-2022 11:53 WIB