Supardi Nasir Bujang © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 21-10-2020 18:00 WIB

Menjaga Psikologis

Waktu pasti lanjutan kompetisi Liga 1 2020 belum juga diumumkan. Semua tim, termasuk PERSIB, tentu saja menunggu dan memerlukan kepastian untuk pemantapan persiapan. 

Meski begitu, PERSIB di bawah penanganan pelatih Robert Alberts memutuskan untuk tetap menjalani latihan. Tidak penuh seperti biasanya memang. Sambil menunggu kepastian, PERSIB hanya berlatih tiga kali dalam sepekan. Ya, dalam masa yang tidak menentu ini Robert memberikan latihan untuk sekadar menjaga kebugaran agar tidak drop. 

Menjalani aktivitas latihan di tengah ketidakpastian bukanlah perkara mudah. Pemain dituntut tetap bekerja keras dan mencurahkan semua kemampuan untuk target (bertanding) yang belum pasti. Sebagai pemain profesional, tentunya ujian semacam ini harus dilalui dengan baik. 

Kunci dari semua itu adalah tentang motivasi. Pemain harus bisa menjaga semangat dan fokus dalam situasi seperti sekarang ini. 

Bukan hanya dari sudut pandang pemain, ini pun menjadi pekerjaan rumah tim pelatih. Kualitas Coach Robert cs benar-benar diuji saat ini. Tidak cuma memutar otak untuk membuat pemain tetap bugar secara fisik. Tapi tim pelatih harus menjaga kondisi psikis Supardi Nasir Bujang dan kawan-kawan. 

Program latihan tiga kali sepekan menjadi pilihan saat ini. Tim pelatih sepertinya mengerti betul untuk menjaga keseimbangan antara fisik yang bugar dan pikiran jernih.

Memasuki pekan ini dan seterusnya (sebelum mendapatkan kejelasan kompetisi), pemain akan berlatih tiga kali dan selebihnya diberikan libur dalam sepekan. Cara ini diharapkan Robert bisa menjadi solusi jitu dalam menjaga motivasi pemain dalam menjalani latihan. 

Waktu terus berjalan, drama datang silih berganti. Namun, Robert bersama PERSIB tetap pada komitmennya, yaitu menjadi yang terbaik di musim ini dan seterusnya.***


Rivan Mandala Putra


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB