Robert Alberts © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Selasa, 09-03-2021 17:00 WIB

Menanti Geliat Sepakbola Indonesia

Akhirnya, rencana digelarnya Piala Menpora 2021 semakin menunjukkan titik terang. Pada Senin, 8 Maret 2021, panitia penyelenggara melakukan satu langkah nyata yaitu melakukan drawing sebagai bagian dari persiapan menggelar turnamen. 

Hasilnya, PERSIB tergabung di Grup D bersama Bali United, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh. Menurut rencana, seluruh pertandingan Grup D akan dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 21 Maret 2021 mendatang. 

Langkah ini patut diapresiasi. Setidaknya, ini telah menjadi kabar baik bagi seluruh insan sepakbola di tanah air. Kabar baik bahwa sepakbola kita akan kembali berdenyut. Meskipun belum merupakan kompetisi resmi, Piala Menpora diharapkan menjadi awal kebangkitan sepakbola nasional setelah tertidur akibat pandemi. 

Berbicara mengenai turnamen pramusim, tentunya tidak relevan untuk membahas soal target dan juara. Karena pada dasarnya, pertandingan pramusim ini adalah bagian dari persiapan sebelum kompetisi resmi. Yang lebih penting lagi ialah menjadikan turnamen ini sebagai percontohan sebelum menggelar kompetisi nanti. 

Jadi, ada baiknya seluruh suporter dan klub di Indonesia untuk menurunkan sedikit ekspektasi akan prestasi klub kebanggaannya pada turnamen ini. Karena bukan itu tujuannya. 

Perlu disadari bahwa sepakbola di level profesional kita sudah setahun tanpa pertandingan. Bahkan setiap pemain harus berlatih di rumah masing-masing yang notabene jauh dari kata efektif bagi seorang atlet sepakbola. 

Pelatih PERSIB Robert Alberts juga mengungkapkan hal serupa. Bagi dia, Piala Menpora adalah momentum tepat untuk mengembalikan geliat sepakbola Indonesia.  Pria asal Belanda ini juga mengaku tak memasang target apapun pada turnamen tersebut. Namun, itu bukan berarti timnya enggan memberikan performa terbaik.

"Buat sebagian orang mungkin ini menjadi sebuah turnamen yang bermanfaat. Tapi bagi kami, ini hanya sebatas pramusim, dan anda hanya perlu berlatih. Biasanya, di masa pramusim anda tidak menjalani pertandingan kompetitif," ujarnya. 

"Sebenarnya saya tidak memasang target apapun karena hal yang penting adalah kami bisa berfokus kepada sepakbola, bermain dengan baik dan selanjutnya kita lihat saja apa yang akan terjadi," tambah Robert. 

Melalui pernyataan itu, Robert mengajak semua pecinta sepakbola Indonesia untuk menikmati dari rumah seluruh pertandingan di Piala Menpora nantinya. 

Barangkali, Piala Menpora ini lebih cocok untuk disebut sebagai ajang untuk berlatih bersama dengan klub lain, sekaligus menjadikannya sebagai portfolio bagi pihak penyelenggara sebelum menggelar Liga 1 nanti. 

Namun, tak ada salahnya juga buat kita mengucapkan selamat datang kembali kepada sepakbola Indonesia yang sudah lama dirindukan.***
 


Ferri Ahrial


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB