Selebrasi gol para pemain PERSIB ke gawang Bali United © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Rabu, 24-03-2021 22:30 WIB

Makna di Balik Selebrasi Frets Butuan

Pertandingan antara PERSIB dan Bali United dalam babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 24 Maret 2021 kemarin menyajikan pemandangan unik. Pemandangan yang dimaksud ialah selebrasi gol yang dilakukan oleh Frets Butuan dan kawan-kawan pada laga tersebut.

Bila diperhatikan, setelah mencetak gol ke gawang Bali United, pemain bernomor punggung 21 tersebut berlari bersama rekan-rekannya ke tengah lapangan. Kemudian, mereka berlutut, melingkar dan saling menjaga jarak. Selanjutnya, mereka menengadah sambil mengacungkan tangan ke atas. Bukan tanpa alasan, selebrasi itu dilakukan Frets cs sebagai wujud anti rasisme yang belakangan sempat berkecamuk di tanah air. 

Aksi mengangkat tangan ke atas sambil berlutut tersebut pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat untuk mengampanyekan spirit Black Lives Matter. Jadi, hal itulah yang menginspirasi Frets pada laga malam kemarin.

Di samping itu, Frets juga mengaku, bahwa pilihannya atas selebrasi tersebut juga didasari oleh instruksi dari pelatih Robert Alberts. Sebelum memulai pertandingan, Robert telah menyarankan kepada para pemain untuk melakukan selebrasi yang tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan alasan, ini bisa menjadi percontohan yang baik bagi seluruh tim dan masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dari ancaman pandemi Covid-19.

Unik memang. Namun, kita senantiasa berharap semuanya segera membaik. Pemain sepakbola dan penonton dapat bersuka ria di stadion seperti normal dan tentunya tanpa Covid-19 maupun rasisme dalam bentuk apapun.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB