Fadri Sidiq © PERSIB.co.id/Izur Palugadha

lebih dekat
Senin, 07-02-2022 20:38 WIB

Mengenal Fadri Sidiq, Kiper Cadangan Teja Paku Alam di Laga Kontra Bhayangkara FC

Dalam daftar susunan pemain (DSP) PERSIB kontra Bhayangkara FC pada pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu, 6 Februari 2022, terdapat nama Fadri Sidiq di deretan cadangan. Siapakah dia?

Fadri adalah kiper Akademi PERSIB Kota Bandung yang diterbangkan ke Bali untuk mengisi kekosongan skuad akibat paparan Covid-19.  Dalam pertandingan ini, Fadri diplot sebagai penjaga gawang cadangan Teja Paku Alam.

Jejak Fadri diawali sejak bergabung dengan Akademi PERSIB Kota Bandung pada tahun 2019. Berbulan-bulan ia mempersiapkan diri dan mengikuti masa percobaan untuk ambil bagian di tim PERSIB yang akan tampil di Elite Pro Academy PSSI U-16. 

Ekspektasi tersebut tercapai. Fadri bisa bergabung dengan PERSIB U-16. Di tim yang ditangani trio pelatih Imam Nurjaman, Rizki Mubaraq (fisik) dan Saefuloh (kiper) ini, ia bersaing dengan Erlangga Setyo dan Syarif Slamet Hidayat.

Pada musim pertamanya bersama tim ini, PERSIB U-16 hanya bisa melaju ke babak 8 besar. Padahal, Maung Ngora saat itu tampil cukup gemilang dengan keluar sebagai juara Grup B setelah mengoleksi total 44 poin dari 20 pertandingan.

Pada bulan Maret 2020, pandemi Covid-19 menggangu program pembinaan Diklat PERSIB. Akibatnya, tak ada pertandingan dan kompetisi yang bisa diikuti. Pada masa-masa sulit itu, Fadri menjalani program latihan mandiri dan sesekali berlatih bersama Akademi PERSIB.

Pada Tahun 2021, Fadri bergabung dengan PERSIB yang terjun di Elite Pro Academy PSSI U-18. Di bawah asuhan pelatih Yusuf Rojali dan asisten Andri Wijaya dan pelatih kiper Cefi M. Taufiq, penampilan Fadri cukup meroket.  Kiper kelahiran 22 April 2003 itu mampu membuktikan dirinya punya kualitas sepadan dengan kiper pertama, Syarif Hidayat yang mengalami cedera ibu jari menjelang kompetisi bergulir.  

Di Elite Pro Academy PSSI U-18 2021, Fadri tampil sebanyak 21 kali. Salah satu penampilan paling mengesankan adalah kala menahan tembakan pemain Persija Jakarta, Doris Nugroho dalam drama adu penalti.

Kemampuan Fadri dalam menempatkan diri dan membaca arah bola di momen tersebut menjadi penentu kemenangan PERSIB U-18 untuk melaju ke semifinal. Tak hanya itu, ia juga turut membawa Maung Ngora ke final. 

Di partai final yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, Fadri sebenarnya sudah menunjukkan permainan apik. Tiga kali penyelamatan mampu dilakukan dalam 15 menit babak pertama. Tapi, itu tak cukup membantu tim untuk keluar sebagai juara.  Pada pertandingan final tersebut, PERSIB harus mengakui keunggulan Bali United 0-2. 

Kendati dipromosikan  ke tim senior dalam kondisi darurat, siapa tahu, momen ini menjadi penentu kesuksesan karier Fadri bersama PERSIB senior.***  

persib.co.id
berita harian
Kesempatan Starter Jadi Tambahan Motivasi Jardel
Mario Jardel menjalani debut sebagai starter saat PERSIB menghadapi Bhayangkara FC pada laga pekan ke-23 Liga 1 2021/2022
Selasa, 08-02-2022 15:00 WIB
pernik
Igbonefo Delapan Kali Jadi Kapten
Victor Igbonefo dipercaya menjadi kapten tim saat PERSIB menghadapi Bhayangkara FC pada laga pekan ke-23 Liga 1 2021/2022
Selasa, 08-02-2022 14:00 WIB
berita harian
Teja Harap Rekan-Rekannya Dinyatakan Lolos PCR Test Sehari Sebelum Laga
Susunan Pemain PERSIB untuk melawan Bhayangkara FC baru dapat ditentukan lima jam sebelum laga
Selasa, 08-02-2022 12:42 WIB