Robert Alberts dan Raffi Ghani © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Kamis, 06-08-2020 21:00 WIB

Latihan PERSIB di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia sudah berencana menggulirkan kembali Liga 1 2020, 1 Oktober mendatang. Tim peserta kompetisi pun mulai mempersiapkan diri dengan memanggil kembali pemain untuk berlatih bersama. 

Sejak Maret 2020, ketika pandemi Covid-19 merebak dan kompetisi dihentikan sementara, PERSIB hanya menerapkan latihan mandiri untuk para pemainnya. Setelah ada kepastian liga kembali bergulir, Pangeran Biru berencana memulai latihan perdana di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), awal pekan depan.

Namun, latihan tim kebanggaan Bobotoh di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) itu tak lagi sama seperti sebelum pandemi virus ini merebak. Pendukung fanatik PERSIB yang biasanya hadir meramaikan suasana latihan, tak akan terlihat lagi.

Latihan Supardi Nasir dan kawan-kawan dipastikan berlangsung tertutup. Sebagai gantinya, akan ada live streaming latihan di akun Youtube resmi PERSIB. Bobotoh bisa menyaksikan latihan perdana dan selanjutnya melalui live streaming tersebut.

Tak hanya Bobotoh, suasana latihan yang biasanya ramai oleh awak media, sementara ini tak bisa terlihat. Media hanya mendapat akses liputan satu hari setiap pekannya. Itu pun terbatas hanya untuk 10 orang. Di hari lain, media bisa melakukan wawancara secara daring.

Protokol kesehatan ketat juga berlaku untuk pemain, pelatih serta ofisial tim. Semua telah menjalani tes swab sebelum memulai latihan. Yang belum melakukan tes tidak diperkenankan hadir di latihan rutin.

Pemain, staf pelatih dan juga ofisial yang hadir di stadion wajib menerapkan protokol keaehatan dengan mencuci tangan sebelum masuk ruang ganti dan sebelum masuk lapangan. Aturan ketat lain juga dilakukan saat berlatih hingga selesainya latihan. 

Kondisi berbeda itu semua dilakukan agar protokol kesehatan bisa dijalankan secara maksimal. Semua dilakukan sebagai langkah untuk menghentikan penularan virus corona.***


M. Jatnika Sadili


kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB