PERSIB U-15 meraih gelar juara Piala Soeratin tingkat Jawa Barat@PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

berita harian
Selasa, 31-12-2019 20:25 WIB

Laporan Akhir Tahun Diklat PERSIB: Masih Ada Prestasi

Meski tak segemerlap tahun sebelumnya, Diklat PERSIB masih mengukir prestasi di tahun 2019. Prestasi tersebut ditandai dengan gelar juara yang disumbangkan PERSIB U-15 di ajang Piala Soeratin U-15 tingkat Jawa Barat.

PERSIB U-15 memastikan diri melangkah ke tingkat nasional setelah di final mengalahkan Bandung Legend lewat adu penalti 4-2 di Stadion Mini Cibinong Kab. Bogor, Sabtu 30 November 2019. Di waktu normal, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Sementara di Piala Soeratin kelompok usia U-17, PERSIB harus puas menempati posisi semifinalis di level Jawa Barat. Skuat asuhan Sendi Oktavian itu dikandaskan Bandung United U-17 5-6 melalui babak adu penalti. Di waktu normal, kedua tim bermain imbang 2-2.

Pelajaran berharga di kompetisi Elite Pro Academy

Diklat PERSIB melibatkan tiga kelompok usia untuk terjun di kompetisi 2019. Dua tim, yakni PERSIB U-16 dan U-18 bergulat di kompetisi Elite Pro Academy PSSI, sedangkan PERSIB U-20 banting tulang di kompetisi Elite Pro Academy Liga 1.

Sayangnya, tiga kelompok usia itu gagal memberikan prestasi juara di tahun 2019. PERSIB U-16 dan U-18 sama-sama hanya bisa mencapai Babak Delapan Besar, sedangkan PERSIB U-20 kandas di Fase Pendahuluan.

PERSIB U-16 tampil impresif selama menjalani Babak Pendahuluan Grup B Elite Pro Academy PSSI U-16. Keluar sebagai juara grup, PERSIB U-16 meraih 44 poin hasil dari 14 kali menang, dua imbang dan empat kali kalah.

Grafik positif itu tak berlanjut di Babak Delapan Besar. Di fase tersebut, Maung Ngora gagal menuai satu pun kemenangan setelah kalah 0-1 dari Persija Jakarta dan PSM Makassar, lalu kembali kalah 1-4 dari Persebaya Surabaya.

Serupa dengan adik-adiknya di PERSIB U-16, PERSIB U-18 juga gagal menembus ke semifnal setelah tim asuhan Kartono Pramdhan itu hanya mencatat sekali imbang 0-0 melawan TIRA Persikabo, kalah 0-1 dari Persija dan Bhayangkara FC.

Keberuntungan juga tak berpihak kepada PERSIB U-20. Skuat arahan Yadi Mulyadi harus rela menempati posisi 4 klasemen akhir Grup B dengan nilai 14 poin. Ini menjadi titik balik M. Syafril Lestaluhu dkk. setelah pada tahun sebelumnya menjadi juara di Liga 1 U-19.

Masih sumbang pemain untuk PERSIB dan Timnas

Meski tiga kelompok usia yakni PERSIB U-16, U-18 dan U-20 gagal berprestasi di tahun 2019. Namun ketiga kelompok tersebut tetap mampu menelurkan pemain-pemain berkualitas.

PERSIB U-16 menyumbangkan tiga pemainnya ke dalam tim nasional Indonesia U-16. Mereka adalah M. Valeroen, Diandra Diaz Dewari dan Dimas Juliono Pamungkas yang merupakan jebolan dari Akademi PERSIB Tasikmalaya.

Tidak sampai di sana, tiga pemain PERSIB U-16 lainnya tergabung ke dalam tim Garuda Select, di bawah arahan Dennise Wise dan Des Walker untuk mengikuti pelatihan selama sembilan bulan di Inggris dan Italia. Tiga pemain itu adalah Erlangga Setyo, Ferdiansyah dan pemain jebolan Akademi PERSIB Cimahi, Kakang Rudianto.

PERSIB U-18 menyumbangkan satu pemain untuk Tim Nasional Indonesia U-18 di Piala AFF, yakni Beckham Putra Nugraha. Adik kandung dari gelandang PERSIB Gian Zola Nasrulloh itu juga promosi ke tim PERSIB senior.

Tidak hanya Beckham, PERSIB senior juga mengangkat empat pemain Diklat PERSIB lainnya. Mereka adalah Pian Hadiansyah, M. Syafril Lestaluhu, Julius Josel Omkarsba dan Ilham Qolba Wiguna. Tiga pemain terakhir sempat terlibat di tim PERSIB U-20 di kompetisi tahun 2019 ini. ***


PERSIB.co.id


berita harian
Beckham Senang Banyak Jebolan Diklat PERSIB di Tim Senior
Dari 30 pemain tersebut, 11 di antaranya jebolan Diklat PERSIB
Selasa, 31-08-2021 18:00 WIB
berita harian
Budiman Senang Robert Kembali Promosikan Pemain Diklat PERSIB
Budiman menyambut baik keputusan Robert Alberts mempromosikan dua pemain muda , Ferdiansyah dan Dimas Juliono Pamungkas
Selasa, 31-08-2021 16:00 WIB
berita harian
Robert Promosikan Dua Pemain Binaan Diklat PERSIB
Dua pemain binaan Diklat PERSIB, Ferdiansyah dan Dimas Juliono Pamungkas mendapatkan promosi ke tim senior
Minggu, 29-08-2021 11:00 WIB