berita harian
Rabu, 18-04-2018 10:31 WIB

Konfigurasi 3D, Karya Bobotoh Demi Tim Kebanggaan

Perjuangan bobotoh untuk menghadirkan sebuah konfigurasi tiga dimensi (3D) di stadion ternyata tidaklah mudah. Mereka rela berkorban secara finansial, tenaga, waktu, ide dan pikiran untuk lahirnya sebuah karya. Bukan sekedar enak dipandang oleh tim dan suporter, para bobotoh ingin karyanya mereka bermakna dan berguna buat Pangeran Biru.

Untuk membiayai suatu konfigurasi 3D, para bobotoh mengalokasikan uang dari hasil urunan anggota Viking Persib Club (VPC), serta donatur yang tidak mengikat. Bahkan tidak jarang mereka harus merogoh kocek pribadi. Semuanya demi tim kebanggaan. 

Seperti saat PERSIB menjamu PS Tira di Stadion GBLA, awal bulan lalu. Mereka bekerja siang malam dengan personel kurang lebih 60 orang untuk bisa membuat konfigurasi gambar "Viking" memegang dua piala kebanggaan, juara Liga 1994/1995 dan ISL 2014.

Begitu juga pada laga kandang kedua Maung Bandung. Gambar pelatih Mario Gomez memegang kepala dengan kata-kata Bangkit harus dikerjakan satu pekan dengan melibatkan 10 orang. Biaya yang tidak sedikit, tenaga seadanya, semua terbayar dengan kebanggaan, PERSIB menang. 

"Kita cari-cari membandingkan dengan suporter lain. Intinya kita ingin selalu maksimal, dari mulai gambarnya, teknik penyajiannya hingga pesan, makna yang akan kita sampaikan. Ini kerja untuk tim kebanggaan, jadi ingin maksimal. Berapa dana dan bagaimana sulitnya, tidak perlu tahu, kita menikmatinya. Semua terbayar oleh hasil maksimal tim," kata salah satu tim kreatif VPC, Bob, di Stadion PERSIB, Rabu 18 April 2018.

Konfigurasi yang mereka tampilkan bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban sebagai bobotoh. Tidak hanya tema dan pesan yang mereka pikirkan, tapi juga sisi seni dan keindahan dari apa yang akan dilihat oleh jutaan pasang mata pecinta sepakbola Indonesia.

"Kita cari-cari membandingkan dengan suporter lain. Intinya kita ingin selalu maksimal, dari mulai gambarnya, teknik penyajiannya hingga pesan, makna yang akan kita sampaikan," ucapnya. **


PERSIB.co.id


berita harian
Supardi: Bobotoh Adalah Keluarga
Bagi Supardi Nasir, kehadiran bobotoh dalam hidupnya bukan lagi sekadar pendukung semata melainkan juga seperti keluarga. 
Sabtu, 27-06-2020 20:45 WIB
berita harian
Suchao Apresiasi Bobotoh
Sebagian besar bobotoh tentu masih mengingat dengan sosok Suchao Nutnum. Ya, gelandang elegan asal Thailand ini begitu  melekat di hati penikmat PERSIB hingga saat ini.
Selasa, 09-06-2020 09:10 WIB
berita harian
Bobotoh Ungkap Kerinduan Menyaksikan Laga PERSIB
Kerinduan bobotoh akan aksi para penggawa PERSIB di lapangan hijau memang tak bisa dipungkiri. Sebagaimana diketahui, sejak pandemi menghampiri Indonesia, kompetisi Liga 1 2020 terpaksa diberhentikan sementara. 
Senin, 01-06-2020 09:26 WIB