Wander Luiz © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Selasa, 18-08-2020 21:00 WIB

Komitmen Wander Luiz


Tekad Wander Luiz untuk membawa PERSIB kembali berjaya tak perlu diragukan lagi. Penyerang asal Brasil itu betul-betul menunjukkan profesionalisme. Sejak bergabung pertama kali bersama Pangeran Biru sampai dengan hari ini. 

Pada Selasa, 18 Agustus 2020 pagi, ia kembali hadir dalam sesi latihan tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Ini merupakan sesi latihan perdananya di masa pandemi Covid-19. 

Seharusnya, ia sudah bergabung sejak pekan lalu. Namun karena terdapat sejumlah dokumen yang belum rampung, ia terpaksa menunda penerbangannya ke Indonesia, selama sepekan. 

Dalam sesi latihan pertamanya, Wander Luiz terlihat amat bersemangat. Rasanya tak ada perbedaan motivasi di dalam dirinya saat ini dengan sebelum adanya pandemi.  Sebelum pandemi, motivasi dan kerja kerasnya berbuah manis. Dalam tiga pertandingan pembuka Liga 1 2020, ia sukses membuat empat gol dan menjadi top skor sementara.

Namun, kiprahnya bersama PERSIB tak berlangsung mulus. Setelah kompetisi dihentikan akibat pandemi, pada tanggal 27 Maret 2020, ia dinyatakan positif Covid-19 bersama ayahnya yang sedang berkunjung ke Indonesia. Itu merupakan salah satu kabar buruk yang menimpa dunia sepakbola Indonesia di tahun ini. 

Kendati sempat syok, ia dan ayahnya berhasil mengalahkan virus yang sudah mendunia. Setelah dua pekan menjalani karantina mandiri, ia dan ayahnya dinyatakan sembuh.

Banyak bobotoh yang bertanya ke mana ia akan pergi bila dinyatakan sembuh dari Covid-19. Tak sedikit juga yang mengira Wander Luiz enggan melanjutkan kariernya di Indonesia dan memilih untuk pulang ke kampung halaman karena mendapati pengalaman kurang menyenangkan. 

Dugaan itu melenceng. Melalui sebuah video di akun Twitter @persib, penyerang bernomor punggung 9 itu secara tegas menyampaikan komitmennya untuk tetap membela PERSIB pada April lalu.   

Empat bulan kemudian, ia membuktikan ucapannya itu dengan hadir di Stadion GBLA pagi tadi. Kelihatannya, misi untuk membawa Pangeran Biru menjadi juara benar-benar menjadi tujuan utama Wander Luiz di Indonesia. 

“Saya senang merasakan suasana pagi bersama tim. Saya kembali ke lapangan dan harus membangun motivasi lagi untuk menghadapi (lanjutan) kompetisi,” kata Wander Luiz sembari tersenyum.*** 


Ferri Ahrial


berita harian
Robert Berniat Kembali Duetkan Castillion-Wander Luiz
Robert Alberts berharap bisa kembali menduetkan Geoffrey Castillion dan Wander Luiz di lini depan PERSIB saat menghadapi Borneo FC
Selasa, 21-09-2021 16:00 WIB
sejarah
(19 September 2020) Wander Luiz Cetak Hattrick ke Gawang Bandung United
Ketika itu, Wander Luiz mencetak 3 dari 5 gol ke gawang Bandung United
Minggu, 19-09-2021 09:00 WIB
pernik
The Untold Stories PERSIB (3): Nikmati untuk Nanti
Pada episode ini, pelatih PERSIB Robert Alberts membeberkan misi utama skuad Pangeran Biru di Piala Menpora
Jumat, 27-08-2021 17:00 WIB