Ardi Maulana, Saiful, Ravil Shandyka  © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Selasa, 15-09-2020 18:00 WIB

Yang Muda Siap Menebar Pesona

Dalam waktu dekat ini, empat pemain binaan Diklat PERSIB akan menandatangani kontrak profesional bersama tim senior. Mereka adalah Ardi Maulana, Saiful, Ravil Shandyka dan Kakang Rudianto. Hal itu dikonfirmasi pelatih Robert Alberts seusai training match di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 12 September 2020 kemarin.

Setelah latih tanding itu, Robert tampak puas dengan performa keempat pemain tersebut. Bahkan, salah satu dari mereka, Saiful mampu membuat gol spektakuler dari luar kotak penalti menggunakan kaki kiri.

Bergabungnya Ardi, Ravil, Saiful dan Kakang, memang tak seheboh ketika Beckham Putra Nugraha promosi ke tim senior tahun 2018 lalu. Barangkali, karena nama mereka yang tak sementereng Beckham yang telah banyak diperbincangkan meskipun masih di usia muda.

Hal itu tentunya berbanding lurus dengan ekspektasi. Lantaran tak terlalu tenar, ekspektasi Bobotoh terhadap Ardi, Ravil, Saiful dan Kakang sepertinya biasa-biasa saja.

Akan tetapi, Robert punya pandangan berbeda. Sejak awal, ia sudah mengira, keempat pemain muda itu punya bakat yang luar biasa. Ia pun menyadari, adalah tugasnya untuk memunculkan bakal itu melalui materi latihan yang tepat.

Tak bisa dipungkiri, kepercayaan diri tidak hadir secara instan. Sebagai junior di sebuah tim, rasa gugup pasti menghantui mereka saat awal bergabung. Namun, perlahan Ardi Maulana mulai menunjukkan sentuhan magisnya dalam sesi latihan small sided game.

Kalau ditilik-tilik dia punya karakter yang kuat sebagai box-to-box midfielder. Rajin menjemput bola, membuka ruang, memberikan umpan-umpan pendek, bertahan dan menyerang. Ia seolah ada di mana-mana. 

Karakter tersebut diperlihatkan Ardi dalam friendly match melawan PS Tira Persikabo, 5 September 2020 lalu. Bahkan ia nyaris mencetak gol dari luar kotak penalti yang mampu digagalkan kiper lawan. 

Setelah itu, PERSIB kembali menggelar internal training match, 12 September 2020 kemarin. Semua pemain muda diturunkan pada babak kedua. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Saiful, Ardi, Kakang dan Ravil.

Yang paling menggembirakan dari pertandingan itu adalah gol indah Saiful ke gawang I Made Wirawan dari luar kotak penalti. Semua orang yang menyaksikan sepertinya sepakat bahwa itu merupakan gol yang sulit. Gol yang membutuhkan ketenangan sekaligus kekuatan dalam waktu bersamaan.

Ravil dan Kakang juga cukup menjanjikan. Ravil menampilkan kecepatan dan pressing ketat ke pertahanan lawan, sedangkan Kakang tampil apik sebagai bek kanan hingga sukses menyumbangkan satu assist. Mereka benar-benar tampil dengan rasa percaya diri yang luar biasa.

Kini Robert semakin yakin dengan prediksinya di awal. Keempatnya memiliki talenta dan siap menjadi bagian dari tim PERSIB dan menebar pesona dalam lanjutan Liga 1 2020 nanti.

“Kita semua lihat mereka di pertandingan tampil percaya diri, punya inisiatif dan juga bermain tanpa rasa takut, itu yang kami cari. Maka, kami merekomendasikan seluruhnya kepada manajemen untuk mengikat mereka,” ujar pria berkebangsaan Belanda itu.***

Ferri Ahrial
kolom
Asa Kembali ke GBLA
Tanggal 23 September 2018 menjadi penanda berakhirnya PERSIB bermain di GBLA
Rabu, 23-09-2020 17:00 WIB
kolom
Sayap-sayap PERSIB
Robert Alberts telah memiliki lima pemain sayap berbahaya
Selasa, 22-09-2020 17:00 WIB
kolom
PERSIB dan Bobotoh Global
Tanpa Bobotoh, PERSIB bukanlah apa-apa
Senin, 21-09-2020 19:00 WIB