Robert Alberts © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Kamis, 20-08-2020 21:30 WIB

Tantangan Regulasi Pemain U-20

Liga 1 2020 direncanakan kembali bergulir Oktober nanti. Akan ada regulasi dua pemain U-20 harus masuk daftar susunan pemain (DSP) meskipun tidak diwajibkan bermain. Kondisi tersebut akan menjadi tantangan bagi para pemain muda.

Regulasi ini harus bisa dimaksimalkan pemain muda. Mereka wajib membuktikan dirinya. Sebab, aturan itu hanya sebagai jalan untuk pemain agar bisa mendapat kesempatan tampil. 

Saat pemain bisa membuktikan kemampuannya, pelatih tanpa melihat regulasi akan tetap percaya untuk menurunkannya. Sebaliknya, saat kesempatan tak dimaksimalkan, pemain muda hanya akan menjadi pelengkap bergulirnya liga. 

Regulasi ini bakal menjadi langkah besar bagi pengembangan pemain usia dini di Indonesia. Seperti halnya yang terjadi saat Piala Jendral Sudirman 2015 yang mewajibkan memainkan tiga pemain muda. Setelah itu bermunculan pemain muda. Salah satunya Febri Hariyadi.  Penampilan pemain jebolan Diklat PERSIB itu semakin membaik saat Liga 1 2017 kembali mewajibkan setiap tim memainkan pemain U-23. 

Tantangan saat ini, pemain muda hanya wajib ada di DSP. Mereka harus mampu buktikan kemampuan supaya bisa bermain. Tantangan yang wajib dijawab pemain muda untuk mendapatkan kepercayaan, bukan hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Bagi pelatih juga menjadi tantangan. Bagaimana membuat komposisi yang pas dengan hadirnya pemain muda di bangku cadangan. Tentunya bukan hanya sebagai pelengkap, tapi benar-benar berperan memaksimalkan regulasi dan strategi pelatih untuk tim dalam setiap laga.

Begitu juga bagi pemain di atas U-20, regulasi tersebut menjadi tantangan juga. Persaingan dalam tim semakin ketat. Hanya pemain terbaik yang bisa menembus dsp dalam setiap laganya.***

M. Jatnika Sadili
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB