Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 02-09-2020 19:00 WIB

Stadion Sepi Takkan Turunkan Motivasi

Pandemi Covid-19 memberikan efek yang begitu besar bagi semua aspek, termasuk sepakbola. Seperti diketahui, penghentian kompetisi sempat dilakukan akibat virus Corona yang semakin merajalela hampir di seluruh penjuru benua. 

Imbas dari munculnya virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina ini adalah larangan menghadirkan penonton dalam setiap pertandingan. Usai jeda, hampir kompetisi di dunia sudah menjalankan protokol ini demi menjaga diri agar tetap sehat. 

Misalnya di beberapa kompetisi di benua Eropa, beberapa bulan lalu. Stadion menjadi sepi. Tidak ada lagi sorakan asli dari penonton. Sorakan semangat penonton manusia digantikan oleh rekaman yang sengaja diputar penyelenggara.

Bahkan, Final Liga Champions Eropa yang mempertemukan Paris Saint-Germain kontra Bayern Muenchen, pekan lalu, kalah ramai dibandingkan latihan perdana Michael Essien di Lapangan Lodaya 2017 lalu. Ya, tentu itu semua akibat pandemi yang menghilangkan riuh penonton di tribun stadion. 

Menjelang bergulirnya lanjutan kompetisi Liga 1 2020, peraturan tanpa penonton pun sudah pasti diberlakukan. Semua peserta, termasuk PERSIB harus rela kehilangan penonton yang berbondong-bondong ke stadion. 

Sudah siapkah Indonesia dengan kebiasaan seperti itu? Terlebih, sepakbola merupakan salah satu hiburan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air? Apalagi tim dengan basis suporter yang sangat besar dan fanatik? 

Meski begitu, skuad Pangeran Biru di bawah asuhan pelatih Robert Alberts tetap teguh pada pendiriannya, yakni menjadi yang terbaik di musim ini. Suasana sepi dari laga ke laga di stadion berusaha tak digubris. Yang menjadi keinginan adalah mendapatkan poin tiga dari laga ke laganya. 

Hal itu pun sempat ditegaskan kapten PERSIB, Supardi Nasir Bujang beberapa waktu lalu. Dirinya menegaskan siap memimpin rekan-rekannya agar selalu tak terpengaruh dengan fenomena apapun.  

Mungkin, fenomena stadion sepi tanpa penonton bukan pemandangan asing bagi PERSIB. Sebab, mundur ke Liga 1 2018 lalu, PERSIB sudah merasakan. PERSIB sudah "berlatih".  Masih ada dalam ingatan, sejak selesai pekan ke-23 menghadapi Persija Jakarta di GBLA menjadi petaka untuk PERSIB.  Pangeran Biru dihukum, diusir ribuan kilometer dari kandang plus tanpa penonton hingga akhir musim. 

Jadi, benar apa yang dikatakan sang kapten. Meski tanpa penonton, tak akan menyurutkan semangat pantang menyerah PERSIB untuk meraih gelar tertinggi. Apalagi, saat ini semua tim akan merasakan suasana yang sama, stadion sepi.***

Rivan Mandala Putra
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB