Skuad PERSIB berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api©PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah 

kolom
Selasa, 01-12-2020 16:30 WIB

Spirit Profesionalisme untuk Kemajuan Sepakbola Nasional

Dalam situasi sulit akibat pandemi seperti sekarang ini, kabar baik tetap menghampiri PERSIB. Akhir bulan kemarin, klub kebanggaan warga Jawa Barat ini kembali mendapatkan lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC). 

Ini memang bukan berita baru bagi Bobotoh dan insan sepakbola Tanah Air. Sebab, status serupa juga pernah disandang PERSIB sejak tahun 2015. Artinya, sudah lima tahun berturut-turut tim Pangeran Biru mendapatkan predikat klub profesional. 

Secara umum, lisensi ini mengukur sejumlah aspek fundamental yang ada di lingkungan sepakbola profesional. Aspek itu meliputi sporting, infrastructure, personnel & administration, legal dan finance. 

Ini tentunya sangat penting. Karena dengan lisensi, skuad Pangeran Biru dipastikan mendapat izin tampil di ajang AFC Championship ataupun AFC Cup bila menempati posisi puncak di liga. 

Sayangnya kompetisi di Indonesia harus berhenti akibat pandemi. Dengan kata lain, peluang berlaga di turnamen AFC sudah tertutup. Akan tetapi, PERSIB tak perlu berkecil hati akan hal ini. 

Club licensing memang penting sebagai sebuah predikat formal. Tapi yang tak kalah penting adalah spirit profesionalisme itu sendiri. 

Sejak dulu, PERSIB memang selalu dikenal sebagai klub yang besar. Namun nama besar juga harus dibarengi dengan profesionalisme yang tinggi. Kita juga perlu menyadari, sepakbla bukan lagi tontonan sebagai hiburan. Olahraga ini lebih jauh dari sekadar bola yang ditendang-tendang. Ini merupakan sebuah sektor industri yang menciptakan ekosistem ekonomi baru. Mulai dari ekonomi makro hingga mikro. 

Status klub profesional selama lima tahun berturut-turut pastinya harus tetap menjadi motivasi untuk Bobotoh dan PERSIB. Karena profesionalisme di setiap sektor akan mempercepat perkembangan ekonomi sekaligus memajukan masa depan sepakbola Indonesia. ***

FERRI AHRIAL

PERSIB.co.id
kolom
Benahi Kompetisi di Tengah Pandemi
Terhentinya Liga 1 2020 harus diambil hikmah dan sisi positifnya bagi sepakbola Indonesia
Rabu, 20-01-2021 17:00 WIB
kolom
Langkah Nyata di Tengah Ketidakpastian
Membangun fasilitas latihan untuk tim sudah menjadi rencana besar PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB)
Rabu, 13-01-2021 18:00 WIB
kolom
Dilema Sepakbola Indonesia
Hampir setahun, Indonesia kehilangan ingar bingar sepakbola
Jumat, 08-01-2021 21:00 WIB