Tim PERSIB © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 05-05-2021 14:30 WIB

Sepakbola Jangan Kembali Ke Titik Nol

Hari Raya Idul Fitri 1442 H tinggal menghitung hari. Di momen kemenangan itu semua berharap kembali ke fitri atau dari nol lagi. Namun, jangan sampai sepakbola dan kondisi fisik pemain juga ikut kembali ke titik nol. 

Perjuangan meningkatkan kebugaran setelah satu tahun tak menggelar kompetiasi bukan pekerjaan mudah. Pemain pun sudah terus meningkatkan fisiknya dengan pertandingan di Piala Menpora. Stamina pemain yang sudah membaik jangan sampai kembali anjok karena latihan bersama diliburkan.

Pemain memang mendapat libur latihan bersama sejak 26 April sampai 22 Mei 2021. Kendati begitu, I Made Wirawan dan teman-temannya tetap menjalankan latihan secara mandiri dengan pantauan tim pelatih setiap harinya.

Kebugaran harus terus terjaga. Sebab, terdengar kabar, Liga 1 2021 akan bergulir Juli mendatang. Jika sesuai rencana, tim hanya punya waktu kurang lebih satu bulan untuk melakukan persiapan. Maka, akan lebih baik persiapan nanti tidak dari nol.

PSSI sebagai induk sepakbola tertinggi di Indonesia juga melakukan berbagai langkah supaya kompetisi dapat berlangsung. Apalagi, Piala Menpora yang berjalan lancar membuat pihak kepolisian sempat memberikan pernyataan kemudahan izin Liga 1 2021.

Perjuangan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) pun jangan sampai kembali ke titik nol. Sudah banyak pengorbanan untuk mengembalikan hingar bingar sepakbola Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, penyelenggaraan Piala Menpora 2021 membuktikan jika perhelatan sepakbola dapat berlangsung dengan baik.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat bisa dijalankan dan tidak menimbulkan klaster baru untuk kasus Covid-19. Suporter pun sudah bersikap dewasa, tidak ada yang memaksakan datang ke stadion untuk menyaksikan laga secara langsung.

Semoga semua perjuangan ini berakhir dengan kemenangan di hari kemenangan nanti. Selamat Hari Raya Idul Fitri. ***

JATNIKA SADILI
kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB