Robert Alberts © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Kamis, 17-09-2020 18:00 WIB

Senyum Robert Alberts dan Kesiapan PERSIB Menatap Kompetisi

PERSIB masih punya waktu 17 hari untuk kembali beraksi di panggung Liga 1 2020. Namun, pelatih Robert Alberts bisa tersenyum lebar. Sebab, Supardi Nasir Bujang dan kawan-kawan terus mengalami perkembangan.

Sejak berlatih bersama, sebulan lalu, PERSIB telah melakukan banyak pekerjaan. Pada awal latihan, kebugaran pemain menjadi sorotan Robert. Sebab, ia ingin pemainnya tampil prima selama 90 menit. Karena itu, ia langsung menggenjot para pemainnya, dari mulai penjaga gawang hingga barisan penyerang.

Selain 24 pemain yang sudah bergabung sejak awal musim, berlanjutnya Liga 1 2020 membuka pintu bagi pemain muda untuk mengisi slot regulasi penggunaan pemain U-20. Karena itu, empat pemain Diklat PERSIB pun dipromosikan. Mereka adalah Ravil Shandyka, Saiful, Ardi Maulana dan Kakang Rudianto.

Dalam sepekan terakhir, keempat pemain muda tersebut berusaha sebaik mungkin langsung nyetel dengan Febri Hariyadi dan kawan-kawan. Usaha itu tak berakhir sia-sia karena keputusan akhirnya diambil Robert untuk mempromosikan seluruhnya.

Untuk mematangkan persiapan, PERSIB sempat dijajal PS Tira Persikabo. Skor akhir bukan pencarian utama tim, melainkan bagaimana kerja keras di dalam latihan bisa kembali diterapkan di dalam pertandingan itu. 
  
"Saya tahu, pelatih melakukan segala cara untuk meningkatkan stamina kami. Saat liga nanti bergulir nanti, apa yang kami lakukan dalam latihan akan sama dengan saat pertandingan," ujar Supardi.

Jika uji tanding menghadapi tim satu level berakhir sama kuat, kondisi berbeda terlihat dengan sangat jelas pada game internal. Di kesempatan ini, setiap pemain banyak lebih banyak waktu untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. 

Selain uji tanding, game internal pun digelar setiap akhir pekan. Tujuannya untuk mengembalikan atmosfer pertandingan dan kesiapan pemain berkompetisi dan tentu saja melanjutkan tren kemenangan di tiga pertandingan pembuka sebelum kompetisi dihentikan. Selain itu, mental para pemain pun diasah melalui berbagai tekanan dalam latihan.***
 

Pandu Persada
kolom
Dear PSSI, Jangan Lupakan Sepakbola Putri
Andai kompetisi sepekbola di Tanah Air kembali digelar,  PSSI seyogyanya juga mempertimbangkan masa depan dari bibit-bibit potensial pemain putri.
Jumat, 23-10-2020 17:29 WIB
kolom
Komitmen untuk PERSIB
Di tengah ketidakpastian kompetisi, ia berkomitmen tetap bersama PERSIB
Kamis, 22-10-2020 21:00 WIB
kolom
Menjaga Psikologis
PERSIB di bawah penanganan pelatih Robert Alberts memutuskan untuk tetap menjalani latihan
Rabu, 21-10-2020 18:00 WIB