Skuad PERSIB 2020 © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 30-12-2020 20:00 WIB

Sambut Tahun Baru dengan Harapan Besar

Ekspektasi awal tahun akan selalu tinggi. Begitu juga dengan PERSIB yang menargetkan juara  target Liga 1 2020. 

Rencana itu berjalan mulus dari persiapan hingga tiga laga awal. Pangeran Biru menjadi satu-satunya tim yang meraih semua kemenangan dan bertengger di puncak klasemen sementara.  Namun, mimpi awal tahun harus terhambat hingga saat ini. Menjelang akhir tahun, belum ada kepastian kapan Pangeran Biru kembali memperjuangkan asanya. 

Semua berubah setelah virus corona menyerang dunia, termasuk Indonesia. Bulan Maret menjadi awal semuanya mengalami perubahan, termasuk sepakbola di Tanah Air. 

Hampir setahun berlalu, PERSIB pun hanya menunggu kepastian. Namun, PERSIB tetap berupaya menjaga asa. Meskipun situasi sulit akibat Covid-19, PERSIB tetap melakukan latihan, baik mandiri maupun bersama. Beberapa pertandingan internal pun dilakukan untuk menjaga kebugaran. 

Namun usaha itu masih belum berbuah. Liga 1 masih belum bergulir walaupun beberapa negara sudah menggelar pertandingan dengan adaptasi kebiasaan baru. Dunia sepakbola berwajah baru bergilir dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Namun, di Indonesia kompetisi sepakbola belum dapat bergulir. Masih belum terkendalinya Covid-19 membuat kepolisian tak memberikan izin digelarnya liga. 

Rencana bergulirnya kompetisi Februari 2021 pun masih jauh dari harapan. Hingga akhir bulan Desember 2020, belum ada kabar resmi tentang nasib Liga 1.

PERSIB pun harus menghitung ulang rencana mengumpulkan pemain yang rencananya dilakukan tanggal 4 Januari 2021. Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum latihan berlangsung. 

Ditangguhkannya Piala Dunia U-20 tahun 2021 membuat harapan liga bergulir tahun depan semakin kecil. Terlebih hingga saat ini masih belum ada kabar kepastian. 

Selain itu, pemerintah Indonesia juga menutup akses masuk Indonesia bagi warga negara asing (WNA) sejak 1 hingga 14 Januari 2021. Itu membuat pemain asing Pangeran Biru tak bisa datang ke Bandung. 

Berbagai tantangan di tahun 2020 pun cukup berat dengan tidak ada kepastian nasib Liga 1 2020, dan harap-harap cemas di tahun 2021.

Namun, apapun situasi saat ini, tahun depan tetap harus disambut dengan harapan besar kehidupan akan normal kembali, vaksin corona berhasil menghilangkan virus. 

Tentu saja, semua membaik, liga pun akan bergilir kembali. Semoga saja ***

persib.co.id
kolom
Benahi Kompetisi di Tengah Pandemi
Terhentinya Liga 1 2020 harus diambil hikmah dan sisi positifnya bagi sepakbola Indonesia
Rabu, 20-01-2021 17:00 WIB
kolom
Langkah Nyata di Tengah Ketidakpastian
Membangun fasilitas latihan untuk tim sudah menjadi rencana besar PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB)
Rabu, 13-01-2021 18:00 WIB
kolom
Dilema Sepakbola Indonesia
Hampir setahun, Indonesia kehilangan ingar bingar sepakbola
Jumat, 08-01-2021 21:00 WIB