Dedi Kusnandar fokus berlatih © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Selasa, 01-09-2020 17:00 WIB

Program Latihan dan Kepastian Jadwal Kompetisi

Penundaan kompetisi Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19 secara otomatis berdampak terhadap jadwal. Agenda yang sebelumnya telah tersusun terpaksa diubah.

Menurut keputusan yang dikeluarkan PSSI pada 19 Juni 2020 lalu, kompetisi akan dilanjutkan kembali mulai Oktober nanti. Tentunya, kabar itu bisa menjadi angin segar bagi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia. Setidaknya, sudah ada kepastian bahwa kompetisi akan dilanjutkan.

Tapi, itu baru merupakan target berlanjutnya liga. Belum termasuk agenda keseluruhan pertandingan secara detail.

Menurut kabar yang berembus, agenda pertandingan akan lebih padat dari biasanya. Hal itu dikarenakan singkatnya waktu yang dimiliki untuk menuntaskan kompetisi. Namun ini baru spekulasi dan prediksi. 

Kompetisi sepakbola di Eropa sudah lebih dulu menjalani situasi ini. Serie A Italia dan Liga Primer Inggris misalnya. Mereka bertanding dua sampai tiga pertandingan dalam sepekan. Bahkan harus ada yang berangkat pagi ke luar kota, kemudian bertanding pada malam hari ini. Tentunya mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton di stadion.

Situasi ini sangat mungkin terjadi di Liga 1 2020. Semua tim harus melakoni dua bahkan tiga kali pertandingan dalam sepekan. Tantangannya adalah bisa memanfaatkan skuad yang ada dengan sebaik mungkin, sambil sesekali melakukan rotasi. Karena ketahanan fisik juga akan sangat berpengaruh dalam situasi ini.

Kendati belum ada informasi resmi, konsentrasi PERSIB tak terganggu. Pangeran Biru tetap berpegang kepada program yang telah disusun. Semua program tersebut hanya menyesuaikan bila liga dilanjutkan Oktober mendatang.

“Kita masih menunggu jadwal resmi dari PT LIB. Kita tetap sesuai dengan program yang sudah kita buat, menjelang satu bulan kompetisi. Jadi begitu jadwal turun, kita menyesuaikan dengan persiapan yang dibuat,” kata Yaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Senin 31 Agustus 2020 kemarin.

Namun, yang perlu kita sadari, kompetisi akan berlanjut sebulan lagi dan itu tak lama lagi. Artinya, kepastian jadwal harus diturunkan secepat mungkin.

Dengan demikian, semua tim bisa lebih fokus dan berkonsentrasi terhadap apa saja yang mesti dipersiapkan. Mari kita tunggu bersama-sama.***

Ferri Ahrial
kolom
Asa Kembali ke GBLA
Tanggal 23 September 2018 menjadi penanda berakhirnya PERSIB bermain di GBLA
Rabu, 23-09-2020 17:00 WIB
kolom
Sayap-sayap PERSIB
Robert Alberts telah memiliki lima pemain sayap berbahaya
Selasa, 22-09-2020 17:00 WIB
kolom
PERSIB dan Bobotoh Global
Tanpa Bobotoh, PERSIB bukanlah apa-apa
Senin, 21-09-2020 19:00 WIB