Tim PERSIB melakukan selebrasi gol © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Selasa, 06-04-2021 20:00 WIB

Piala Menpora Menggelora

Gelaran Piala Menpora 2021 menunjukkan  konsistensi yang baik. Sejak pertama digulirkan, 21 Maret 2021, seluruh pertandingan berjalan lancar tanpa hambatan. Hal ini sangat patut untuk diapresiasi. 

Kerinduan insan sepakbola dan juga masyarakat Indonesia akhirnya perlahan terobati. Sebab, kita kembali bisa menyaksikan apa yang selama ini kita cintai. Begitu pun bagi para pemain, semuanya dapat kembali bergembira dan berlari-lari di atas lapangan. 

Namun tentunya turnamen ini dilaksanakan dengan suasana yang berbeda. Semua pertandingan harus digelar tanpa penonton akibat adanya pandemi Covid-19. Sepakbola yang biasanya digelar dengan penuh riuh suporter, kini harus menjaga jarak terlebih dahulu. 

Namun, dukungan suporter pastinya tak akan putus. PERSIB sendiri getol mengampanyekan kegiatan #DukungDariRumah melalui berbagai platform media sosial. Hal ini tak sia-sia, Bobotoh menaati dan memahami secara bijak bahwa kebijakan tersebut memang sangat diperlukan di situasi seperti saat ini. 

Selain tanpa penonton, seluruh pemain, staf pelatih dan ofisial wajib menjalani protokol kesehatan dengan ketat serta vaksinasi Covid-19. Bahkan swab test juga dilakukan secara rutin yakni sebelum berlaga di setiap pertandingannya. 

Ini memang pemandangan baru bagi sepakbola kita. Tapi bila dilakukan dengan hati yang gembira dan kedisplinan yang sungguh-sungguh, semua jadi terasa lebih mudah. 

Bagi penonton di rumah, Piala Menpora 2021 sebetulnya tetap riuh oleh suara suporter. Meskipun ini hanya merupakan audio yang diatur oleh broadcaster, tetap saja ini memberikan pengaruh baik. Setidaknya, Piala Menpora 2021 tetap berlangsung dengan penuh gelora. 

Berkat suara penonton tersebut dan dikombinasikan dengan suara Bung Jebred rasanya suasana stadion jadi ramai di televisi.

Namun, semarak dan sorak sorai sebetulnya tetap ada, yakni di jagat maya. Hampir di setiap pertandingan, Piala Menpora 2021 selalu menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter. Terbukti, perbincangan tersebut selalu nangkring di papan atas klasemen trending topic. 

Hal ini secara langsung memberikan dampak positif bagi kehidupan klub. Spirit seluruh klub untuk kembali berlomba-lomba dalam menyajikan konten kreatif juga ikut bergelora. Tak kecuali bagi PERSIB, seluruh media sosial terlihat menggeliat lagi. Dukungan dan doa Bobotoh hadir di kolom komentar di berbagai postingan. Ini tentunya jauh lebih ramai ketimbang saat sepakbola Indonesia vakum. 

Kabar baiknya, kanal Youtube PERSIB juga langsung melejit naik mencapai 1 juta subscriber beberapa waktu lalu. Torehan itu didapatkan di hari yang sama saat PERSIB bersua Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 24 Maret 2021. PERSIB pun menjadi klub sepakbola Asia pertama yang berhasil meraih capaian tersebut. 

Kita semua paham bahwa Piala Menpora 2021 bukanlah ajang resmi. Karena ini ialah jembatan kita menuju kompetisi liga. Namun, bila melihat kegembiraan yang ada, kita mestinya sepakat bahwa Indonesia selalu mencintai sepakbola. Buktinya, imbauan #DukungDariRumah berhasil ditaati sejauh ini. Karena dengan spirit #DukungDariRumah tersebut kita sebetulnya tengah memperlihatkan bahwa kita tengah menjaga rumah sendiri, yakni Tanah Air Indonesia.***

FERRI AHRIAL
kolom
Sepakbola dan Nilai-nilai Pancasila
Sebab, sepakbola bisa menjadi media sosialisasi penanaman niai-nilai Pancasila
Selasa, 01-06-2021 19:00 WIB
kolom
Kolaborasi di Antara yang Terbaik
Bersama Indofood, PERSIB menjalani masa persiapan dengan maksimal untuk meraih hasil terbaik di setiap pertandingan
Selasa, 01-06-2021 08:00 WIB
kolom
PERSIB Menyongsong Kompetisi
PERSIB mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola di Indonesia setelah pemanasan di Piala Menpora 2021
Rabu, 19-05-2021 19:00 WIB