Bobotoh PERSIB © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Senin, 21-09-2020 19:00 WIB

PERSIB dan Bobotoh Global

"Tanpa Bobotoh, PERSIB bukanlah apa-apa," begitu pengakuan yang selalu diungkapkan Direktur Utama PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita dalam berbagai kesempatan.

Glenn benar. Sejarah mencatat, sejak awal berdiri pada tahun 1933, dengan segala dinamikanya, Bobotoh selalu memberikan dukungan penuh untuk PERSIB. Bukan hanya di dalam lapangan, tapi juga keseharian organisasi. Dalam perjalanannya, hubungan simbiosis mutualisme pun terbangun. Keberadaan PERSIB kerap menghadirkan aktivitas ekonomi di kalangan Bobotoh. Sebaliknya, Bobotoh juga menjadi sumber inspirasi PERSIB dalam membangun ekosistem sepakbola untuk menghidupi klub, terutama sejak terlepas dari keterlibatan uang negara.

Sejak memasuki milenial kedua, industri olahraga, termasuk sepakbola, semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi broadcast atau siaran dan kehadiran internet menjadikan olahraga sebagai tontonan yang bersifat global dan melahirkan variasi format hiburan lainnya yang tidak selalu identik dengan pertandingan semata. Olahraga kini juga tidak hanya bisa disaksikan oleh segelintir orang yang dibatasi ruang dan waktu.

PERSIB, misalnya. Kendati ber-homebase di Kota Bandung, penggemar klub yang dibesarkan sejarah panjang tersebut tidak hanya yang berdomisili di Kota Kembang. Kini, Bobotoh tersebar di luar Kota Bandung, Jawa Barat, dan bahkan Indonesia hingga ke berbagai belahan dunia lain.

Saat ini, PERSIB merupakan klub sepakbola dengan jumlah follower digital terbesar di Indonesia. Karena itu, berbagai platform media sosial dan media publikasi menjadi alat penting bagi PERSIB untuk berinteraksi, berkomunikasi, berdialog dan mendekatkan diri dengan Bobotoh. Saat ini, jumlah interaksi dari follower pada konten Persib di berbagai platform digital bisa mencapai 10 juta per bulan.

Besarnya interaksi pada platform digital PERSIB tersebut tidak terlepas dari antusias Bobotoh pada berbagai konten yang disajikan. Baik konten yang berhubungan dengan pertandingan atau yang kini dikenal dengan #PERSIBDAY maupun momen latihan tim, aktivasi sosial, dan even lain. PERSIB selalu berusaha memahami keinginan dan harapan Bobotoh, dikombinasikan dengan perkembangan tren terkini sebagai pilar penting dalam membangun entitas klub secara global.

Di masa pandemi Covid-19 yang merebak awal Maret 2020, ketika kompetisi dihentikan dan berbagai aktivitas klub dibatasi, kebutuhan Bobotoh akan konten berkualitas justru meningkat. Karena itu, PERSIB berupaya melakukan reorientasi strategi konten untuk memenuhi aspirasi Bobotoh. Beberapa program yang sudah diproduksi adalah live training, pre match, friendly match, live Instagram dan Facebook, serta program-program siaran seperti Bobotalk, #PERSIBID, #Ngompres, #Diadu dan sebagainya.

Melalui program siaran langsung, seperti latihan dan uji tanding, PERSIB mencoba memberikan kesempatan kepada Bobotoh untuk tetap meng-update perkembangan tim kesayangannya, meskipun mereka tetap berada di rumahnya masing-masing. Program siaran langsung seperti ini dipastikan bakal terus diproduksi hingga lanjutan kompetisi bergulir karena Bobotoh masih belum bisa hadir langsung di stadion untuk mendukung tim.

Digital content lain yang gencar diproduksi PERIB di masa pandemi antara lain Bobotalk. Melalui program bincang-bincang santai ini, bobotoh diajak berinteraksi dan berdialog dengan para pemain, pelatih dan narasumber lain yang dihadirkan PERSIB.

Kemudian ada Ngompres alias Ngomentarin Pertandingan PERSIB. Melalui program ini, pemain PERSIB dihadirkan untuk mengomentari permainannya sendiri dalam sebuah pertandingan. Bobotoh pun bisa berinteraksi melalui kolom komentar.

Yang teranyar, PERSIB juga menghadirkan program DIADU. Melalui program ini, pemain PERSIB dihadirkan dan ditantang menjawab pertanyaan yang biasanya berisi dua pilihan dan tentu saja alasannya. Reaksi dan respon jawaban pemain PERSIB menjadi daya tarik buat Bobotoh.

Selanjutnya, PERSIB juga mencoba membawa Bobotoh untuk merasakan secara langsung atmosfer pertandingan atau latihan tim melalui program BEINGPERSIB. Lewat program ini, ditayangkan suasana dan atmosfer pertandingan atau latihan dari jarak dekat melalui kamera bergerak yang dipasang di tubuh pemain, pelatih atau bahkan perangkat pertandingan. Program ini sudah dicoba dalam sesi latihan dan game internal yang digelar PERSIB.

Di luar program-program yang sudah tayang, PERSIB juga berupaya memperbanyak variasi konten menarik lain untuk mendorong intreraksi lebih intensif dengan bobotoh. Sebab, sekali lagi, fans atau penggemar adalah pilar penting bagi sebuah klub profesional seperti PERSIB. Selain itu, Bobotoh juga merupakan bagian tidak terpisahkan dalam visi PERSIB untuk menjadi klub sepakbola global.***

persib.co.id
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB