Febri Hariyadi © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Jumat, 18-09-2020 18:00 WIB

PERSIB Bisa Mengubah Cerita di Kandang Madura United

Selalu ada cerita menarik dari sebuah laga sepakbola. Salah satunya, kisah sulitnya PERSIB meraih kemenangan saat bertemu Madura United di laga tandang.

Sejak bertemu di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, Pangeran Biru tercatat belum pernah menang. Hasil terbaik yang didapatkan PERSIB adalah imbang.

Musim lalu, PERSIB juga bermain imbang 1-1 di Bandung. Sementara di laga tandang harus kalah 1-2 dari tuan rumah. Begitu juga musim sebelumnya, Liga 1 2018, PERSIB kalah di Bandung 1-2 dalam dua pertemuan.

Di Liga 1 2017, PERSIB bermain imbang 0-0 di Bandung dan kalah 1-3 di laga away. Begitu juga di ISC 2016, di Bandung imbang 0-0 dan kalah 1-2 di laga away.

Namun, catatan kurang mengesankan itu bisa saja berubah musim ini. Terlebih, komposisi tim Pangeran Biru cukup solid. Di lini depan, duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion cukup apik sebagai juru gedor. Tiga laga awal Liga 1 2020, enam gol tercipta dan semuanya melibatkan mereka berdua.

Di lini belakang, sosok Nick Kuipers, Fabiano Beltrame dan Victor Igbonefo akan menjadi tembok kuat bagi lawan. Tiga laga yang sudah berlangsung, PERSIB hanya kebobolan dua gol.

Begitu juga di lini tengah sebagai penyeimbang. Peran para gelandang PERSIB turut mengantarkan kemenangan dalam tiga laga lalu. PERSIB berada di posisi puncak klasemen sementara, tak lepas dari peran Omid Nazar dan gelandang lainnya.

Bukan hanya karena data tersebut, patut disaksikan juga apakah mitos tak pernah menang dari Madura ini bisa putus musim ini. Sebab, di Liga 1 2020, PERSIB berhasil memecahkan rekor tak pernah menang atas Arema FC di Malang setelah 11 tahun lamanya.

Tim asuhan Robert Alberts berhasil menang 2-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kemenangan yang membuat Pangeran Biru mengakhiri catatan minor 11 tahun. Bisa jadi, hasil itu sebagai motivasi untuk kembali memutus hasil buruk PERSIB dari Madura.

Selain itu, ada banyak cerita tentang kendala nonteknis seperti selalu ada penalti dalam laga tandang PERSIB di kandang Madura United. Musim 2017, gol penalti oleh Peter Osaze Odemwingie, kemudian Fabiano Beltrame (2018) dan Alberto Goncalves da Costa (2019).

Sekali lagi, cerita semua itu mungkin saja berganti musim ini. Putaran roda kemenangan berpihak kepada tim kebanggaan Bobotoh ini. Mampukah PERSIB memutus rekor buruk itu, akan menjadi laga yang menarik disaksikan.***

M. Jatnika Sadili
kolom
Sepakbola Jangan Kembali Ke Titik Nol
Perjuangan meningkatkan kebugaran setelah satu tahun tak menggelar kompetiasi bukan pekerjaan mudah.
Rabu, 05-05-2021 14:30 WIB
kolom
Ternyata, Kiper PERSIB dan Timnas Ini Seorang “Indomielovers”
Sebagai “Indomielovers”, selain mi endog, Aqil mengaku sudah mencoba berbagai makanan olahan lain berbahan dasar Indomie
Senin, 03-05-2021 13:00 WIB
kolom
Runtuhkan Catenaccio Persija!
PERSIB bertekad meruntuhkan sektor pertahanan Persija Jakarta di leg kedua babak final Piala Menpora 2021.
Jumat, 23-04-2021 16:00 WIB