Victor Igbonefo melakukan selebrasi gol saat menghadapi Persebaya Surabaya © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Senin, 19-04-2021 15:00 WIB

Menuju The Invincibles

Liga Primer Inggris musim kompetisi 2003/04 akan selalu diingat oleh Arsenal FC, klub asal London Utara dataran Inggris. Karena di musim itu, tim berjuluk Meriam London itu mencetak prestasi fenomenal dengan menjadi juara kompetisi tanpa sekali pun meraih kekalahan. Oleh karena itu mereka pun dijuluki dengan The Invincibles

Arsenal mengangkat trofi juara setelah melalui 38 pertandingan di liga, terdiri dari 26 kemenangan dan 12 kali hasil imbang. The Professor -- julukan dari Arsene Wenger -- memiliki pemain-pemain terbaik seperti Thiery Henry di depan, Patrick Vieira di tengah dan Jens Lehman sebagai penjaga gawang. 

Pencapaian itu juga yang diidam-idamkan oleh pelatih Robert Alberts bersama PERSIB. Pelatih asal Belanda tersebut memang memiliki sederet prestasi tak hanya dengan klub-klub di Indonesia, tapi juga beberapa klub di Asia sebelum menukangi Pangeran Biru.

"Saya punya keinginan meraih sukses bersama PERSIB, dan melihat data statistik di AFC, saya telah menjadi juara dengan tiga klub berbeda tanpa menelan kekalahan; dua kali di Malaysia dan sekali di Singapura," ujar Robert. 

Robert hanya semringah ketika salah satu wartawan menanyakan trik rahasia PERSIB untuk bisa tampil tak terkalahkan di Liga 1 2020 dan hingga semifinal leg pertama Piala Menpora 2021. Ia bahkan tak menjawabnya dengan gamblang. Tapi yang jelas, ia menikmati segala perkembangan yang dialami tim asuhannya ini. 

Di babak kualifikasi Grup D, PERSIB menjalani tiga pertandingan, yang berakhir dengan dua kali menang dan sekali imbang. Di perempat final, Pangeran Biru mencatatkan kemenangan 3-2 atas Persebaya Surabaya dan di leg pertama semifinal beberapa waktu lalu, Victor Igbonefo dan kawan-kawan meraih kemenangan 2-1 atas PS Sleman. 

"Di Indonesia, banyak hal berbeda, tapi jika saya punya ambisi, adalah untuk tidak pernah kalah di Liga Indonesia. Sejauh ini, PERSIB tidak pernah kalah di Liga 1 2020 dan di turnamen ini. Karenanya, saya ikut merasa senang dengan pencapaian pemain," kata pelatih berusia 66 tahun itu.

Bagi Robert, kemenangan menjadi satu-satunya tujuan bagi klub yang ia pimpin. Hal itu juga yang menjadi target utama dirinya menjelang pertandingan leg 2 semifinal Piala Menpora menghadapi PS Sleman di Stadion Manahan, Solo, Senin 19 April 2021 pukul 20.30 WIB. 

"Kemenangan penting di sepakbola, karena memang sepakbola hanyalah soal menang. Kami juga perlu bersiap jika suatu hari nanti mengalami kekalahan. Tapi, kami hanya akan melakukannya setelah turnamen ini, di turnamen ini kami bertekad untuk terus menang," tegasnya. ***

PANDU PERSADA
berita harian
Ezra dan Igbonefo Masuk Best Eleven Piala Menpora 2021
Victor Igbonefo dan Ezra Walian masuk ke dalam daftar Best XI Piala Menpora 2021
Rabu, 28-04-2021 19:00 WIB
berita harian
Supardi: Selalu Ada Hikmah dan Pelajaran
Supardi Nasir meyakini ada hikmah dan pelajaran yang didapat selama menjalani turnamen Piala Menpora 2021
Rabu, 28-04-2021 18:00 WIB
berita harian
Minggu, 25-04-2021 22:38 WIB