Trio pemain Diklat PERSIB saat tes usap © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Rabu, 26-08-2020 20:00 WIB

Menanti Kiprah Trio Pemain U-20

Bulan Maret 2020, kompetisi Liga 1 2020 tiba-tiba harus terhenti akibat pandemi Covid-19 yang dinilai mulai memasuki taraf berbahaya. Padahal, ajang sepakbola terbesar di Indonesia ini baru saja memasuki pekan ketiga.

Tak hanya sepakbola, pandemi ini membuat semua aspek merana. Pembatasan sosial hingga lockdown diberlakukan di berbagai negara.

Dalam jeda panjang ini, para pihak dibuat pusing memikirkan lanjutan kompetisi. Beberapa pertemuan khusus melalui virtual meeting digelar. Akhirnya, melalui proses yang sangat alot, diputuskan jika kompetisi Liga 1 2020 resmi dilanjutkan pada awal Oktober mendatang.

Namun, ada perbedaan dalam lanjutan kompetisi mendatang. Beberapa ketentuan mesti diikuti klub peserta. Salah satu aturan baru yang menarik untuk disimak ialah penambahan sedikitnya dua pemain U-20 harus dimasukan dalam daftar susunan pemain (DSP) di setiap laga. Rumusan yang dihasilkan saat Club Meeting Kelanjutan Extraordinary Competition Liga 1 2020.

Pro dan kontra sudah pasti ada. Namun, peraturan sudah ditetapkan. Sebenarnya, hal yang mirip seperti ini sudah pernah diterapkan saat kompetisi Liga 1 2017. Artinya, regulasi ini tidak asing. Regulasi tersebut ada dikarenakan saat itu kompetisi di Indonesia baru saja hidup usai tidur panjang akibat dihukum FIFA. Klub sudah seharusnya bergegas memenuhi persyaratan tersebut.

Bicara soal memenuhi persyaratan tersebut, PERSIB sudah bersiap. Tiga nama anak muda dari Diklat PERSIB menjadi kandidat untuk menghiasi slot U-20 di ajang Liga 1 2020. Ketiga pemain muda itu adalah Ardi Maulana dan Saiful di posisi gelandang serta Ravil Shandyka berposisi penyerang.

Belum banyak orang tahu tentang kiprah ketiganya. Namun, Ardi (19 tahun), Saiful (17 tahun) dan Ravil (18 tahun) diyakini adalah yang terbaik di kelompok usianya. Jika ada yang gemar mengikuti aja Elite Pro Academy (EPA), mungkin sudah bisa mengetahui kapasitas tiga remaja ini.

Ketiga pemain ini pun telah disahkan pelatih kepala PERSIB, Robert untuk ikut berlatih dan dilakukan pemantauan.

Lanjutan kompetisi akan datang sebulanan lagi. Kiprah para pengisi slot U-20 ini akan sangat menarik untuk diikuti. Beri mereka motivasi. Tentu ketiganya ingin memberikan kontribusi, menampilkan aksi, tak hanya sekadar menghiasi sebagai syarat regulasi. 

Akankah Febri Hariyadi dan Beckham Putra Nugraha baru akan lahir di kompetisi edisi kali ini?***

Rivan Mandala Putra
kolom
Asa Kembali ke GBLA
Tanggal 23 September 2018 menjadi penanda berakhirnya PERSIB bermain di GBLA
Rabu, 23-09-2020 17:00 WIB
kolom
Sayap-sayap PERSIB
Robert Alberts telah memiliki lima pemain sayap berbahaya
Selasa, 22-09-2020 17:00 WIB
kolom
PERSIB dan Bobotoh Global
Tanpa Bobotoh, PERSIB bukanlah apa-apa
Senin, 21-09-2020 19:00 WIB