Victor Igbonefo © PERSIB.co.id/Barly Isham

kolom
Selasa, 13-10-2020 18:00 WIB

Menanti Kabar Pasti

Bulan Oktober sudah memasuki hari ke-13. Artinya tinggal 17 hari lagi bulan November akan menghampiri. Namun, sampai hari ini, belum ada juga tanda-tanda berarti Liga 1 2020 akan berlanjut seperti yang direncanakan PSSI.

Seluruh stakeholder sepakbola Indonesia masih menantikan kabar resmi. Padahal, PSSI melalui konferensi pers virtual 29 September 2020 lalu pernah mengatakan penundaan akan berakhir awal November.

Jadwal terbaru pun belum dirilis. Dengan begini, kita sebenarnya sedang dirundung ketidakpastian. Segala kemungkinan bisa terjadi di situasi seperti sekarang ini.

Betul, bahwa ini tidak mudah. Karena wabah Corona mengubah kebiasaan dan ancamannya selalu mengintip di mana-mana. Akan tetapi, bagi sebuah tim sepakbola, berlatih di antara ketidakpastian juga akan sangat sulit. Sekalipun semuanya adalah pesepakbola profesional.

Tentu, sepakbola juga tidak terlepas dari gairah dan motivasi. Dua hal tersebutlah yang mampu membuat sebuah permainan sepakbola menjadi menarik. Bukan hanya soal teknis dan tendang menendang bola saja.

Hal itu terbukti ketika tim PERSIB menggelar sesi game internal pada Sabtu 10 Oktober 2020 lalu. Pelatih Robert Alberts mengatakan, timnya terlihat seperti mengalami penurunan gairah. Namun, dia tidak menyalahkan siapapun. Karena inilah fakta yang terjadi.

“Kami melihat game internal Sabtu kemarin, kualitas pertandingan ada penurunan, intensitas menurun, termasuk juga motivasi. Karena sekali lagi kami harus mengulang program persiapan kembali,” ujar pria berkangsaan Belanda itu.

Kalau sudah begini, tak ada yang bisa diulas selain menanti kabar pasti. Apakah kompetisi akan berlanjut atau berhenti?***

Ferri Ahrial
kolom
Dear PSSI, Jangan Lupakan Sepakbola Putri
Andai kompetisi sepekbola di Tanah Air kembali digelar,  PSSI seyogyanya juga mempertimbangkan masa depan dari bibit-bibit potensial pemain putri.
Jumat, 23-10-2020 17:29 WIB
kolom
Komitmen untuk PERSIB
Di tengah ketidakpastian kompetisi, ia berkomitmen tetap bersama PERSIB
Kamis, 22-10-2020 21:00 WIB
kolom
Menjaga Psikologis
PERSIB di bawah penanganan pelatih Robert Alberts memutuskan untuk tetap menjalani latihan
Rabu, 21-10-2020 18:00 WIB