Zulham Malik Zamrun © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Jumat, 04-09-2020 21:00 WIB

Matangkan Persiapan Menuju Kompetisi

Jadwal lanjutan Liga 1 2020 sudah dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB). PERSIB dijadwalkan kembali merumput pada 4 Oktober mendatang dengan menghadapi Madura United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Itu artinya, tinggal menghitung hari untuk bisa menyaksikan lanjutan kiprah PERSIB yang berhasil menyapu bersih kemenangan di tiga pertandingan pembuka sebelum ditunda akibat pandemi Covid-19. Selain performa tim, Bobotoh dan publik sepakbola nasional pun menanti aksi sepasang ujung tombak PERSIB, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion. 

Sebelum kompetisi dihentikan, Wander Luiz menjadi penyerang tersubur Liga 1. Pemain asal Brasil ini telah berkontribusi menyumbang empat gol dan satu assist untuk Pangeran Biru. Wander Luiz unggul satu gol dari striker Madura United, Alberto Gonzalves. 

Di samping Luiz, PERSIB memiliki tamdem, yakni Geoffrey Castillion. Dua gol dan satu assist telah disumbangkan pemain asal Belanda itu.  Kombinasi keduanya sudah menghasilkan nyaris seluruh gol yang diproduksi Pangeran Biru di dalam tiga laga awal di Liga 1. 

Lantas, apakah produktivitas kedua pemain ini akan berlanjut pada Oktober nanti?

Menatap lanjutan kompetisi, PERSIB memiliki sejumlah agenda uji tanding untuk memanaskan kembali mesin-mesin di dalam tim. Salah satunya adalah dengan menghadapi PS Tira Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 5 September 2020 esok.

Perlu dicermati, uji tanding tidak menghasilkan poin apapun di klasemen sementara Liga 1. Uji tanding hanya untuk melihat dan menguji kesiapan lebih awal.

Meski demikian, PERSIB dan PS Tira Persikabo berada di level yang sama. Persaingan di antara keduanya takkan terelakkan. Masing-masing penyerang dari setiap kubu akan berupaya membobol gawang lawannya. Hal itu juga yang dinanti dari penampilan Wander Luiz dan Castillion.

Di satu sisi, Castillion memang sempat mengalami masalah terkait kebugarannya setelah kembali ke Indonesia. Namun, hari ini kondisinya membaik dan sudah mampu melahap seluruh materi latihan.

Di sisi lain, Wander Luiz sudah sejak lama mengasah ketajamannya di sesi latihan. Setidaknya, itu terlihat dari dua training match yang ia lakoni. Di training match, ia selalu bisa menjaringkan bola ke dalam gawang kubu lawan.

Menaruh harapan kepada dua striker PERSIB itu adalah hal yang wajar. Tapi tidak bisa juga dikatakan menjadi sebuah ketergantungan bagi sisa pemain lainnya untuk membobol gawang lawan. Sebab, mencetak gol perlu dukungan pemain lain di atas lapangan, seperti yang diungkapkan pelatih PERSIB, Robert Alberts.

“Saat ini kita memiliki Wander Luiz dan Geoffrey Castillion di lini depan. Jika tim ini bekerja dengan baik di sekeliling mereka, bukan tak mungkin mereka bisa menjadi top skor. " ungkap Robert.***

Pandu Persada
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB