Luizinho Passos dan kiper PERSIB © PERSIB.co.id/Gregorius Aditya Katuk

kolom
Rabu, 19-08-2020 19:00 WIB

Luizinho dan Gairah di Bawah Mistar PERSIB

Di hampir setiap klub, tak terkecuali PERSIB, pergantian musim selalu menghadirkan daya tarik tersendiri. Soal perekrutan, siapa yang datang dan pergi menjadi kabar yang paling dinanti oleh semua penikmat Pangeran Biru. 

Dalam beberapa musim terakhir, perhatian perekrutan selalu terfokus pada pemain dan pelatih kepala. Tak heran, pemain dan pelatih baru memang aspek yang begitu penting bagi sebuah klub sepakbola. Pro dan kontra selalu ada dalam setiap momen tersebut. 

Namun, ada yang berbeda kala kompetisi memasuki musim 2020. Bukan pelatih kepala ataupun pemain anyar. Pangeran Biru melakukan gebrakan dengan merekrut pelatih kiper asing. Luiz Fernando Silva Passos atau yang populer dengan nama Luizinho Passos berlabuh ke PERSIB menggantikan pelatih kiper sebelumnya, Gatot Prasetyo yang memutuskan berhenti karena alasan pekerjaan. 

Perekrutan Luizinho terbilang cukup menyita perhatian. Sepak terjang pria asal Brasil dalam mencetak beberapa kiper muda Indonesia membuat publik sepakbola Bandung menaruh harapan besar kepadanya. 

Ia pun menjadi pelatih kiper non Indonesia pertama yang bergabung bersama PERSIB. Bukan mengecilkan jasa dua pelatih kiper PERSIB sebelumnya, Anwar Sanusi (2006-2018) dan Gatot (2019), Luizinho seperti membawa amtosfer baru bagi penjaga gawang Pangeran Biru. 

Kararkter tegas dan komitmen kuat dari seorang Luizinho membawa optimisme baru bagi I Made Wirawan dan kawan-kawan. Tak hanya itu, pribadi yang bersahaja dan keaktifan dirinya dalam bersosial media tentang kegiatan melatih kiper menjadi pembeda.

Dalam beberapa tahun, kiper PERSIB dan segala aktivitasnya memang sedikit terpinggirkan. Bahkan, PERSIB sendiri baru memiliki pelatih kiper pertamanya (Anwar Sanusi) ketika Liga Indonesia sudah berjalan sekitar dua belas tahun. Itupun atas permintaan penjaga gawang asing asal Thailand, Sinthaweechai "Kosin" Hathairattanakool yang merasa tidak nyaman berlatih tanpa pelatih kiper. 

Sekarang, era perubahan tampaknya siap dilakukan oleh seorang Luizinho. Berlabel pelatih kiper asing pertama di PERSIB, Luizinho tentu membawa tanggung jawab besar bagi tim sekelas Pangeran Biru. Ia pun siap membawa gairah baru di bawah mistar.

"Bukan seberapa tinggi dan cepatnya seorang kiper, tapi prinsip, keinginan, disiplin dan attitude yang baik akan menjadikan seorang kiper yang hebat," ujar Luizinho. ***

Rivan Mandala Putra
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB