Robert Alberts dan Beckham Putra Nugraha © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

kolom
Kamis, 13-08-2020 22:00 WIB

Harapan Beckham dan Angga di Timnas U-19

Persiapan Tim Nasional Indonesia menuju Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada Oktober mendatang terus berlanjut. Terkini, manajer timnas Indonesia, Shin Tae-Yong telah mengerucutkan peserta pemusatan latihan menjadi 46 pemain, termasuk dua penggawa PERSIB, Beckham Putra Nugraha dan Erlangga Setyo.

Beckham adalah seorang gelandang serang dengan skill individu yang bisa dibilang di atas rata-rata. Kecepatannya mungkin bukan yang utama. Tapi, adik kandung Gian Zola Nasruloh bisa membuat serangan lebih tajam. Postur tubuhnya terbilang kurus. Tapi itu menjadi keunggulan tersendiri baginya. Dengan begitu, ia bisa berlenggak-lenggok di atas lapangan. Dialah Beckham yang membuat lawan kerap terpaksa melakukan pelanggaran untuk menghentikan pergerakannya.

Sebelumnya, Beckham juga tercatat sebagai pemain tersibuk di Diklat PERSIB. Seperti kebanyakan tokoh-tokoh kenamaan, ia pernah merasakan kegagalan, yakni saat membela PERSIB U-17 di Piala Soeratin di tingkat Jawa Barat. Namun, kegagalan itu dibayar dengan membawa PERSIB U-19 dan U-16 juara pada tahun 2018. 

Beckham muda terus berkembang dan berkontribusi, baik terhadap PERSIB maupun saat membela timnas. Bersama Pangeran Biru, Beckham tercatat sudah lima kali mentas di Liga 1 2019 dan 2020. 

Di panggung lainnya, Beckham mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda PERSIB saat berlaga di Piala Indonesia. Catatan itu ia ukir saat membawa Pangeran Biru menang 7-0 atas Persiwa Wamena di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, 11 Februari 2019. 

Pada laga tersebut, Beckham masih berusia 17 tahun 105 hari. Siapa masih ingat dengan golnya saat itu? Ya, pemilik nomor punggung 7 itu menempatkan dirinya terbebas dari penjagaan lawan saat menerima umpan  mendatar dari Febri Hariyadi di sisi kanan. Tanpa kontrol, Beckham langsung meneruskan bola dan bersarang di gawang Persiwa. 

Berbicara soal gol, hal ini juga yang kerap dilakukan saat membela timnas U-18 di Piala AFF 2019. Di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini saat itu, Beckham menjadi salah satu pilar penting Garuda Muda. Total, lima gol ia persembahkan bagi Indonesia, meskipun timnas sendiri saat itu hanya bisa menempati peringkat ketiga. 

"Saya masih belum puas. Masih banyak hal yang ingin saya raih di masa depan jadi harus terus fokus, bekerja keras, mau belajar dan memaksimalkan setiap kesempatan yang diberikan," ujar Beckham beberapa waktu lalu. 

Dari seorang anak muda dengan aksi olah bola menawan, kini beralih ke Erlangga Setyo. Ia seorang penjaga gawang dengan tubuh menjulang setinggi, 192 cm. Ia berasal dari Jember. Pengalaman menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-19 terbilang baru baginya. 

Namun, kiper yang akrab disapa Angga ini punya modal berharga saat memperkuat tim PERSIB U-16 di kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16 2019 lalu, meskipun, Maung Ngora hanya bisa melangkah hingga babak Delapan Besar.

Siapa mengira, Angga berhasil mencuri perhatian pelatih asal Inggris Dennis Wise saat kompetisi Elite Pro Academy bergulir. Ketika kompetisi berakhir, Wise lantas memboyongnya untuk bergabung ke dalam tim Garuda Select jilid II untuk menjalani serangkaian program latihan di Inggris dan Italia. 

Penggawa Maung Ngora ini memiliki ambisi besar untuk bisa memberikan prestasi. Ia ingin dirinya bisa menghadirkan kebanggaan tidak hanya untuk PERSIB, warga Jawa Barat ataupun Jember, tempat kelahirannya, tapi juga seluruh rakyat Indonesia di ajang Piala Asia nanti. 

"Saya memang masih baru di timnas, tapi setiap waktu berusaha belajar dan memberikan yang terbaik di dalam latihan. Saya ingin buat banyak orang bangga, jadi semoga saja, saya bisa mendapat kesempatan itu, " tuturnya. *** 

Pandu Persada
kolom
Wacana Kompetisi Format Baru
Di saat semuanya menantikan kepastian, malah muncul spekulasi bahwa kompetisi akan digelar dengan format baru
Selasa, 20-10-2020 17:00 WIB
kolom
Menikmati Ketidakpastian
PERSIB menyikapi hal tersebut dengan "enjoy"
Jumat, 16-10-2020 19:00 WIB
kolom
Mengawal Semangat Robert
Dengan semangat #Ngahiji, Robert pun selalu berusaha suasana menciptakan tim menjadi ceria dan bersahabat
Rabu, 14-10-2020 19:00 WIB