Para pemain PERSIB berlatih di Stadion Gelora Bandun Lautan Api@PERSIB.co.id/Gregorius A.K

kolom
Selasa, 25-08-2020 16:30 WIB

Fokus Kembalikan Mental Bertanding

Penundaan kompetisi akibat pandemi Covid-19 sangat berdampak pada performa tim PERSIB di lapangan. Bagi pelatih Robert Alberts itu merupakan suatu hal yang wajar.  Sebab, selama jeda akibat pandemi, seluruh pemain terpaksa berlatih mandiri di rumah. Mereka memanfaatkan area seadanya yang tentunya berbeda-beda. 

Tapi sayangnya, sepakbola adalah olahraga yang melibatkan tim. Berlatih sendiri mungkin baik untuk kebugaran, tapi belum tentu efektif untuk menjaga mental bertanding dan ritme permainan.  Itulah kenapa, sejak kembali berlatih bersama mulai 10 Agustus 2020 lalu, Robert langsung menggembleng persiapan anak asuhnya secara serius. Bukan hanya pemulihan kondisi fisik, Robert juga menyusun program untuk mengasah kembali kecepatan berpikir, mempercepat pengambilan keputusan, mengembalikan sentuhan bola, pergerakan dan juga mental dalam bertanding. 

Semuanya adalah aspek yang penting bagi tim ini sebelum melanjutkan petualangan di kompetisi Liga 1 2020. Apalagi PERSIB saat ini sedang berada di posisi puncak klasemen, mental bertanding menjadi penting sekali. 

Saat kick off  lanjutan kompetisi Liga 1 2020 digelar Oktober nanti, PERSIB harus sudah kembali dalam motivasi yang sama. Yakni motivasi untuk tidak pernah kalah dan ingin menang di semua pertandingan. 

Akhir pekan lalu, 22 Agustus 2020, Robert menggelar training match di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Fungsinya adalah mengembalikan mental bertanding tersebut. Selain itu, ia juga sedang mengukur kesiapan fisik timnya setelah berlatih selama kurang lebih dua pekan. 

Komentar pria asal Belanda itu seusai pertandingan sesuai prediksi. PERSIB masih harus berlatih lebih keras untuk mengembalikan semuanya. 

“Saya melihat di 25 menit terakhir pertandingan, tempo permainan menurun. Tapi sebelum itu kita bermain dengan level kondisi yang cukup baik. Sekarang kita harus melanjutkan untuk membangun sedikit demi sedikit kondisi agar kembali siap untuk 90 menit, ketika liga dilanjutkan lagi,” jelas Robert. 

Idealnya, mengembalikan mental bertanding dapat dilakukan dengan menggelar pertandingan persahabatan melawan tim yang selevel. Akan tetapi, adanya pandemi saat ini seakan membatasi hal itu. Karena menggelar pertandingan tak semudah seperti dulu. 

Pertanyaannya, apakah PERSIB bisa memaksimalkan serangkaian training match dalam sebulan ke depan untuk mengembalikan mental bertanding itu? Kita lihat saja nanti.***

FERRI AHRIAL

PERSIB.co.id
berita harian
Robert Siapkan Beberapa Opsi Starter
Pelatih asal Belanda ini menegaskan, pada lanjutan Liga 1 timnya akan punya banyak skema dan susunan starter
Jumat, 25-09-2020 19:00 WIB
pernik
Harapan Robert di Hari Jadi Kota Bandung
Pelatih PERSIB Robert Alberts menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Kota Bandung
Jumat, 25-09-2020 18:00 WIB
berita harian
Skuad PERSIB Terus Asah Kemampuan Menyerang
Pelatih Robert Alberts mengatakan, timnya terus meningkatkan kemampuan menyerang sebagai persiapan menghadapi bergulirnya kembali Liga 1 2020.
Kamis, 24-09-2020 14:21 WIB