Febri Hariyadi (tengah) bersama Supardi Nasir, pelatih fisik Yaya Sunarya dan H. Umuh Muchtar  ©PERSIB.co.id/M.Jatnika Sadili

kolom
Sabtu, 08-08-2020 16:00 WIB

Dukungan Senior Lambungkan Prestasi Bow di Musim 2016

Tahun 2016 merupakan awal Febri Haryadi muncul ke permukaan. Saat itu ia masih berusia 20 tahun. Tetapi ia sudah mendapat banyak pengalaman yang membuat kariernya melesat bersama nama besar PERSIB. 

Febri menjalani debut bersama PERSIB di laga perdana babak kualifikasi Grup C turnamen Piala Sudirman di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 15 November 2015.  Operator turnamen saat itu menerapkan aturan kepada setiap klub peserta untuk menurunkan dua pemain U-21 sejak menit pertama. PERSIB mendaftarkan Febri bersama gelandang muda kreatif, Gian Zola Nasrulloh. Performa menawan Febri dan Zola membuat mereka dipertahankan di musim selanjutnya.

Saat ini, Febri telah menjadi salah satu pilar penting skuad Pangeran Biru. Kesuksesan pemain yang akrab disapa Bow ini diraih berkat kerja keras dan ketekunannya dalam berlatih. Namun tentu ada hal lain yang turut membantu mendukung keberhasilan karier Febri. Salah satunya adalah dukungan serta peran para pemain senior di skuad Pangeran Biru. 

Sedikitnya ada empat pemain yang secara langsung atau tidak langsung memberi panggung untuk Bow sehingga memancarkan sinarnya di tahun 2016.

Nama pertama adalah Supardi Nasir. Kedekatan antara Bow dan Supardi sudah terjalin sejak akhir 2015. Berkat kontribusi Supardi, pemilik nomor punggung 13 itu mencetak gol dalam debutnya saat menghadapi Persela Lamongan di Stadion Gelora Delta.

Nama kedua adalah Robertino Pugliara. Jika Febri bergerak dominan di sisi kiri pertahanan lawan, maka Pugliara yang akan membuat sibuk lawan di sisi sebrang. Penampilan raja assist PERSIB di Indonesia Soccer Championship 2016 itu menjadi pelayan para penyerang haus gol di skuat Pangeran Biru.  Gelandang bernomor punggung 10 itu juga tercatat pernah sekali memberi umpan matang untuk Febri, yakni pada saat PERSIB mengalahkan PS TNI  4-0, 9 Desember 2016 silam.

Pemain ketiga adalah Serginho van Dijk. Striker  kelahiran Belanda ini bisa memberi ruang untuk Febri dalam mencetak gol, seperti saat mengalahkan PS TNI Desember 2016 . Febri mencetak gol kedua bagi PERSIB setelah mendapat umpan dari Robertino Pugliara.

Van Dijk saat itu berada di depan dan bergerak menjauh dari Febri untuk menarik perhatian pemain belakang. Alhasil, ada ruang kosong di depan Febri yang lantas dimanfaatkan untuk melepaskan tembakan keras berujung gol.

Masih di laga yang sama, kali ini giliran Febri yang memanjakan Sergio lewat umpan silang dari sisi kiri. Sang striker dengan leluasa memanfaatkan umpan itu dengan sepakan akrobatik kaki kiri. PERSIB pun pulang dengan kemenangan 4-0.

Pemain terakhir adalah Marcos Abel Flores yang didatangkan PERSIB menjelang bergulirnya putaran kedua Indonesia Soccer Championship. Langkah PERSIB merekrut Marcos Flores terbilang jitu karena selain menjadi motor penggerak Febri, kehadirannya juga turut menghidupkan Pugliara dan van Dijk.

Komunikasi di luar lapangan antara Marcos dan Febri berjalan dengan baik. Alhasil, saat keduanya tampil di pertandingan, mereka selalu bisa menemukan satu sama lain. Lihat bagaimana ancaman demi ancaman yang diberikan Febri ke pertahanan Perseru Serui, November 2016 silam, dipicu oleh umpan-umpan mengejutkan dari Marcos Flores. 

Selama mengarungi ISC 2016, penampilan Febri yang didukung pemain-pemain di atas terbukti tak sia-sia. Secara keseluruhan, ia menyumbang tiga gol dan dua assist

Di tahun tersebut, kontribusi Febri untuk PERSIB sempat terputus akibat pemanggilan untuk membela tim sepakbola Jawa Barat di PON XIX. Namun, catatan menunjukkan kontribusi Febri untuk PERSIB berujung pada enam kemenangan, empat imbang dan sekali kalah. ***


PANDU PERSADA

PERSIB.co.id
berita harian
Saiful Idolakan Febri dan Erwin
Mereka adalah Febri Hariyadi dan Erwin Ramdani
Senin, 12-10-2020 17:00 WIB
berita harian
Saran Robert untuk Bow
Robert pun mengaku selalu memberikan saran kepada Febri
Senin, 05-10-2020 20:00 WIB
berita harian
Bow Punya Tradisi Selalu Cetak Gol di Setiap Musim
Febri Hariyadi mempunyai tradisi selalu mencetak gol untuk PERSIB di setiap musimnya.
Senin, 05-10-2020 10:48 WIB